comscore

26 Orang Tewas akibat Gempa Bumi di Afghanistan Barat

Willy Haryono - 18 Januari 2022 06:52 WIB
26 Orang Tewas akibat Gempa Bumi di Afghanistan Barat
Area pegunungan di provinsi Badghis, Afghanistan. (Hoshang Hashimi / AFP)
Kabul: Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 menguncang Afghanistan barat pada Senin, 17 Januari 2022, menewaskan lebih dari 20 orang dan menghancurkan ratusan rumah. Guncangan di provinsi Badghis yang berbatasa dengan Turkmenistan itu telah menghancurkan banyak rumah.

Menurut data Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC), gempa di Afghanistan barat berada di kedalaman 30 kilometer. Sementara menurut catatan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa dangkal itu berkekuatan magnitudo 5,3.

 



"Sayangnya, laporan awal kami menunjukkan bahwa 20 orang, termasuk perempuan dan anak-anak, tewas dan empat lainnya terluka," kata Baz Mohammad Sarwari, direktur badan informasi dan kebudayaan Badghis, kepada kantor berita AFP.

"Para mujahidin telah tiba di beberapa area terdampak, tapi Badghis adalah provinsi pegunungan, jumlah korban mungkin bertambah," sambungnya, merujuk pada istilah untuk personel Taliban.

Mullah Janan Saeqe, kepala Pusat Operasi Darurat Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, mengonfirmasi angka korban tewas, dan mengaatkan bahwa lebih dari 700 rumah rusak akibat gempa.

Sanullah Sabit, kepala unit perawatan di rumah sakit utama Badghis, mengaku telah menerima lima pasien, yang sebagian besarnya mengalami patah tulang.

"Lima perempuan dan empat anak-anak termasuk dari 26 orang yang tewas akibat gempa," kata Sarwari.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id