comscore

Setelah Dihantam Erupsi Gunung, Tonga Kini Hadapi Lockdown Covid-19

Medcom - 02 Februari 2022 13:19 WIB
Setelah Dihantam Erupsi Gunung, Tonga Kini Hadapi Lockdown Covid-19
Setelah dihantam erupsi dan tsunami, Tonga kini lockdown akibat covid-19. Foto: NZDF
Nuku’alofa: Tonga melaporkan dua kasus covid-19. Media nasional Kaniva Tonga melaporkan negara Pasifik tersebut akan menerapkan lockdown mulai Rabu, 2 Februari 2022, pukul 18.00 waktu setempat.

Ini terjadi di tengah negara masih dalam masa pemulihan dari erupsi dan tsunami. Diyakini bahwa dua kasus asimtomatik telah ditangani di Queen Salote Wharf, dan telah melakukan isolasi.
Sejak awal pandemi, Tonga hanya melaporkan satu kasus covid-19, dan telah terhindar dari wabah pandemi. Tonga merupakan satu dari sedikit negara yang bebas dari virus korona.

Seorang pria yang melakukan perjalanan internasional melalui penerbangan relokasi khusus dari Christchurch di akhir Oktober lalu, diketahui terinfeksi covid-19 ini.

Sebelum dihadapkan pada lokcdown ini, Tonga dihantam erupsi gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang berdampak pada tsunami dan menghancurkan perumahan warga serta memutus komunikasi di negara Pasifik Selatan dengan sekitar 105.000 penduduk tersebut. Bencana yang terjadi pada pertengahan Januari 2022 ini menewaskan tiga warga.

“Kedua orang yang terkonfirmasi covid-19 telah menerima vaksinasi dan diyakini terinfeksi minggu lalu. Belum dipastikan kasus tersebut merupakan Omicron atau bukan,” ujar Menteri Kesehatan Tonga Saia Piukala, seperti dikutip New Zealand Herald, Rabu 2 Februari 2022.

Minggu lalu, kapal terbesar angkatan laut Australia berlabuh di Kerajaan Tonga, di mana lebih dari 20 orang di dalamnya positif covid-19.

Saat itu, Perdana Menteri (PM) Tonga Siaosi Sovaleni melarang seluruh personel kapal untuk turun dari HMS Adelaide yang tiba di ibu kota Tonga, Nuku’alofa, Rabu, 26 Januari 2022 malam.

“Tonga lebih khawatir akan covid-19 daripada pemulihan pascaerupsi dan tsunami,” ujar Sovaleni saat itu.

Sebagai tanggapan atas kasus pertama bulan Oktober lalu, pulau utama Tonga, Tongatapu, lockdown selama 7 hari. (Kaylina Ivani)

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id