Kim Yo-Jong Pegang Peran Besar dalam Partai Buruh Korea Utara

    Fajar Nugraha - 25 Agustus 2020 16:13 WIB
    Kim Yo-Jong Pegang Peran Besar dalam Partai Buruh Korea Utara
    Kim Yo-jong kembali diperhitungkan sebagai pengganti Kim Jong-un. Foto: AFP
    Seoul: Kabar mengenai kondisi pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un yang kini diduga dalam kondisi koma, membuat mata mengarah pada sang adik perempuan, Kim Yo-jong. Pesona Yo-jong dikabarkan telah membuatnya memegang kendali departemen terkuat di Komite Pusat Partai Buruh Korut (WPK).

    Baca: Pesona Kim Yo-jong yang Terus Mencuat untuk Gantikan Kim Jong-un.

    Menteri Pertahanan Korea Selatan Jeong Kyeong-doo mengatakan, dirinya yakin saudara perempuan Kim Jong-un itu makin menancapkan kekuasaannya dalam Partai Buruh Korut. Menhan Jeong mengakui kabar yang menyebutkan Yo-jong telah merebut kekuasaan atas Departemen Organisasi dan Bimbingan.

    “Jabatan resmi Kim (Yo-Jong) adalah wakil direktur pertama dari Departemen Organisasi dan Bimbingan. Dia bertanggungjawab untuk menangani strategi Utara terkait Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan,” ujar Jeong, seperti dikutip KBS, Selasa 25 Agustus 2020.

    Ditanya apakah Seoul sedang mempertimbangkan tindakan militer yang akan sesuai dengan provokasi Korea Utara, “Jeong menjawab ya”.

    “Kementerian akan mengerahkan upaya terbaiknya untuk melindungi keselamatan Korea Selatan dan nyawa serta aset rakyatnya dalam keadaan apa pun,” tegas Menhan Jeong.

    Diyakini memainkan peran penting dalam menyusun citra kakaknya yang dibangun dengan hati-hati, Yo-jong pertama kali dikenali ketika dia muncul di sisi kakaknya pada saat ayah mereka meninggal pada 2011. Dia naik melalui jajaran politik Pyongyang selama tahun-tahun berikutnya, sebelum menemani kakaknya di panggung internasional.
     
    Digambarkan sebagai sosok mungil, penuh hormat dan sopan, Kim Yo-jong sering terlihat di latar belakang penampilan publik kakaknya, hadir di KTT Singapura dan Hanoi dengan Presiden AS Donald Trump dan rangkaian KTT dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping sepanjang 2018 dan 2019.
     
    Tidak hanya itu, Yo-jong mewakili Korea Utara di Olimpiade Musim Dingin 2018, dan dilaporkan menjadi anggota langsung pertama dari dinasti yang berkuasa yang mengunjungi Seoul. Dirinya bertugas bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan mengirimkan surat tertulis atas nama kakaknya. Pada Maret 2020, ia mengeluarkan pernyataan resmi sebagai wakil direktur pertama WPK.

    Yo-jong adalah putri bungsu dari mantan pemimpin tertinggi Kim Jong-il, yang meninggal karena serangan jantung pada tahun 2011. Ibu satu anak ini diyakini menikah dengan Choe Song, putra pejabat pemerintah Choe Ryong-hae.
     
    Meskipun jelas merupakan pewaris kediktatoran Kim, jenis kelamin Kim Yo-jong adalah pil pahit yang harus ditelan dalam masyarakat Korea Utara yang sangat patriarkal dan didominasi laki-laki. Namun kandidat dewasa lainnya sedikit dan jarang juga menuntut pemimpin dari garis keturunan Kim.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id