Kemenhan Korsel Klaim Mampu Atasi Misil Terbaru Korut

    Willy Haryono - 13 Oktober 2020 17:03 WIB
    Kemenhan Korsel Klaim Mampu Atasi Misil Terbaru Korut
    Korut telah beberapa kali melakukan uji coba peluncur roket dan misil balistik sejak 2016. (AFP)
    Seoul: Kementerian Pertahanan Korea Selatan menegaskan bahwa militer Korsel "mampu merespons dengan cepat" segala misil dan serangan artileri dari Korea Utara. Pernyataan disampaikan Korsel usai Korut memamerkan sejumlah senjata terbaru dalam parade militer pada akhir pekan kemarin.

    Sabtu lalu, Korut menggelar parade militer di Pyongyang dalam rangka memperingati 75 tahun berdirinya Partai Pekerja. Dalam parade, Korut memamerkan misil balistik antarbenua (ICBM) dan misil balistik kapal selam (SLBM) jenis terbaru.

    Terlihat juga beberapa jenis peluncuran roket terbaru yang dapat meluncurkan banyak misil sekaligus dalam satu waktu.

    Saat ditanya mengenai kesiapan Korsel jika sewaktu-waktu Korut menyerang, juru bicara wakil menteri pertahanan Korsel Kolonel Moon Hong-sik mengatakan bahwa jajaran militer dapat mencegat misil dengan alat Patriot dan juga M-SAM II, sebuah sistem pertahanan yang akan dirilis dalam waktu dekat.

    "Jika terjadi serangan beruntun (yang melibatkan berbagai jenis misil), kami dapat merespons dengan cepat dan menghancurkannya. Kami tidak hanya mengoperasikan sistem pertahanan misil ala-Korea, tapi juga sistem strategis lainnya," kata Moon dalam konferensi pers rutin di Seoul, dikutip dari laman Yonhap News Agency pada Selasa, 13 Oktober 2020.

    Dalam parade militer terbaru, Korut juga memamerkan misil balistik jarak pendek Iskander buatan Rusia dan peluncur roket super besar, yang sudah pernah diuji coba beberapa kali sejak 2019.

    Sementara itu, Amerika Serikat mengaku kecewa atas ajang pamer kekuatan yang diperlihatkan Korut dalam parade militer. AS menilai langkah seperti itu tidak akan membantu menghidupkan kembali negosiasi seputar isu denuklirisasi.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id