Tabrakan Dua Helikopter di Afghanistan Tewaskan 9 Orang

    Willy Haryono - 14 Oktober 2020 15:14 WIB
    Tabrakan Dua Helikopter di Afghanistan Tewaskan 9 Orang
    Helikopter tipe MI-17 dalam sebuah pelatihan di Kabul, Afghanistan. (US Army/Staff Sgt. Todd Pouliot)
    Helmand: Sedikitnya sembilan orang tewas dalam tabrakan dua helikopter milik Pasukan Nasional Afghanistan (ANA) di distrik Nawa, provinsi Helmand, Afghanistan pada Rabu, 14 Oktober 2020. Kementerian Pertahanan Afghanistan (MoD) mengatakan, kecelakaan terjadi akibat adanya "masalah teknis."

    Dikutip dari laman Tolo News, MoD mencatat insiden tersebut terjadi pada Rabu dini hari, pukul 01.15 waktu setempat. Sebelumnya, beberapa sumber keamanan di Afghanistan melaporkan adanya delapan hingga 15 korban tewas dalam kecelakaan dua helikopter jenis MI-17 di Nawa.

    Menurut beberapa sumber tersebut, insiden terjadi setelah kedua helikopter menurunkan beberapa komando dan mengangkut personel keamanan yang terluka.

    Omar Zwak, juru bicara pemerintah provinsi Helmand, mengonfirmasi adanya insiden di distrik Nawa tanpa mengelaborasi lebih lanjut.

    Sementara itu, baku tembak terjadi dalam empat hari terakhir di beberapa bagian wilayah Lashkargah, ibu kota provinsi Helmand, dan juga distrik Nad Ali. Baku tembak terjadi usai kelompok Taliban menyerang kota dan distrik tersebut pada akhir pekan kemarin.

    Pada Senin malam, komando Afghanistan dengan dukungan kekuatan udara meluncurkan operasi di Lashkargah. Operasi tersebut masih berlangsung dan meliputi area jalan raya 601, distrik Nad Ali, dan juga Babaji di Lashkargah.

    "Sejauh ini, 23 militan Taliban telah dibunuh, dan pasukan keamanan sudah menciptakan lima titik perlintasan baru di distrik Nad Ali," ujar beberapa pejabat setempat.

    "Enam Taliban terluka sepanjang operasi ini," sambung mereka.

    Dari kubu Amerika Serikat, juru bicara pasukan AS di Afghanistan mengatakan bahwa beberapa serangan telah dilakukan di Helmand dalam membantu prajurit Afghanistan yang sedang diserang Taliban.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id