comscore

Taiwan Sebut Lockdown Covid-19 di Tiongkok 'Kejam'

Willy Haryono - 01 Mei 2022 11:00 WIB
Taiwan Sebut Lockdown Covid-19 di Tiongkok Kejam
Tenaga kesehatan memberikan arahan kepada warga Shanghai selama pemberlakuan lockdown. (AFP)
Taipei: Kebijakan penguncian (lockdown) untuk mengendalikan Covid-19 di Tiongkok merupakan sesuatu yang "kejam," dan Taiwan tidak akan mengikuti langkah serupa, ucap Premier Su Tseng-chang pada Minggu, 1 Mei 2022.

Menangani pandemi dengan pengendalian perbatasan dan karantina, Taiwan menghadapi lonjakan infeksi domestik Covid-19 sejak awal 2022, dengan sekitar 75 ribu kasus yang dipicu kemunculan varian Omicron.
Namun karena hampir semua kasus tersebut hanya memperlihatkan gejala ringan atau tidak sama sekali (asimtomatik), pemerintah Taiwan mulai melonggarkan berbagai aturan dalam upaya menuju kehidupan normal seperti sebelum pandemi.

Bertolak belakang dari Taiwan, Tiongkok memberlakukan lockdown super ketat di Shanghai, dan belakangan mulai memperketat aturan di ibu kota Beijing.

Berbicara dalam sebuah kunjungan ke Pusat Pengendalian Penyakit Taiwan, Su mengatakan bahwa metode penanganan pandemi Taiwan telah "dipuji dunia."

"Kami tidak akan melakukan lockdown sekejam di Tiongkok," ucapnya, dikutip dari laman The Straits Times. Ia mengatakan metode penanganan Covid-19 di Taiwan lebih bersifat "bertahap."

Tiongkok menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayah mereka, yang sewaktu-waktu dapat diambil kembali -- dengan kekuatan jika memang diperlukan. Sementara Taiwan menganggap pulau mereka sebagai negara independen dan berdaulat, bukan bagian dari "Satu Tiongkok."

Selama pandemi, Tiongkok dan Taiwan telah beberapa kali bersitegang terkait penanganan Covid-19.

Pekan kemarin, Kantor Urusan Taiwan di Tiongkok mengatakan bahwa model penanganan pandemi Taipei hanya akan berujung pada banyak kematian. Namun sejauh ini, hanya ada sedikit kematian akibat Covid-19 di Taiwan.

Baca:  Taiwan Laporkan Kematian Anak Pertama Akibat Covid-19

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id