Presiden Taiwan Sebut Tiongkok Ancaman Bagi Seluruh Kawasan

    Willy Haryono - 20 September 2020 14:02 WIB
    Presiden Taiwan Sebut Tiongkok Ancaman Bagi Seluruh Kawasan
    Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. (Foto: AFP)
    Taipei: Belasan pesawat jet tempur Tiongkok telah bermanuver ke arah Taiwan selama dua hari berturut-turut pada Jumat dan Sabtu kemarin. Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan, manuver tersebut memperlihatkan bahwa Tiongkok adalah ancaman bagi seluruh kawasan.

    Taiwan telah mengerahkan jet tempur dalam menghalau belasan pesawat Tiongkok. Beijing menyebut penerbangannya dekat Taiwan merupakan bagian dari latihan militer.

    Latihan militer Tiongkok digelar usai pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat untuk bidang ekonomi, Keith Krach, mengunjungi Taiwan. Krach adalah pejabat paling senior yang mendatangi Taiwan dalam empat dekade terakhir.

    "Saya meyakini aktivitas-aktivitas ini tidak membantu mengangkat citra Tiongkok di mata internasional. Aktivitas-aktivitas semacam itu justru memperlihatkan sifat asli rezim komunis Tiongkok kepada masyarakat Taiwan," kata Tsai kepada awak media, dilansir dari laman The Straits Times, Minggu 20 September 2020.

    "Negara-negara lain di kawasan juga pasti sudah memahami ancaman dari Tiongkok ini. Komunis Tiongkok harus menahan diri, bukan memprovokasi," sambungnya.

    Sabtu kemarin, Angkatan Udara Tiongkok mengunggah sebuah video yang memperlihatkan latihan militer di dekat Selat Taiwan. Salah satu video memperlihatkan simulasi serangan jet H-6 ke sebuah pangkalan udara yang terlihat seperti markas militer milik AS di Guam.

    Saat ditanya mengenai video itu, Tsai sekali lagi menekankan bahwa aktivitas Tiongkok bukan hanya mengancam Taiwan saja, tapi lebih luas lagi.

    "Keberadaan Tiongkok saat ini cenderung agresif, dan tentu saja akan mendatangkan ancaman," tegas Tsai.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id