Tiongkok Prediksi Vaksin Covid-19 Siap Dipakai pada November

    Willy Haryono - 15 September 2020 11:21 WIB
    Tiongkok Prediksi Vaksin Covid-19 Siap Dipakai pada November
    CoronaVac, vaksin covid-19 buatan salah satu perusahaan Tiongkok. (Foto: Nelson ALMEID/AFP))
    Beijing: Vaksin virus korona (covid-19) yang dikembangkan sejumlah perusahaan Tiongkok mungkin sudah bisa digunakan masyarakat umum pada awal November. Estimasi tersebut disampaikan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok (China CDC).

    Tiongkok memiliki empat vaksin eksperimental covid-19 yang berada dalam uji klinis fase akhir. Setidaknya tiga dari empat vaksin itu sudah diberikan ke sejumlah kelompok pekerja di Tiongkok di bawah program penggunaan darurat pada Juli lalu.

    "Uji klinis fase tiga berjalan mulus, dan vaksin mungkin sudah dapat digunakan masyarakat umum pada November atau Desember," kata Ketua Bidang Keselamatan China CDC, Guizhen Wu, dalam sebuah wawancara dengan televisi nasional pada Senin malam.

    Dikutip dari laman The Globe and Mail, Selasa 15 September 2020, Wu mengaku tidak mengalami gejala abnormal apapun usai mencoba sendiri vaksin covid-19 kepada dirinya. Ia tidak menyebutkan secara spesifik vaksin milik perusahaan mana yang ia coba.

    Perusahaan China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) dan Sinovac Biotech tengah mengembangkan tiga vaksin covid-19 di bawah program pemerintah. Vaksin keempat yang dikembangkan perusahaan CanSino Biologics telah disetujui untuk digunakan jajaran militer Tiongkok pada Juni lalu.

    Sinopharm mengatakan pada Juli lalu bahwa vaksin mereka siap dipakai masyarakat pada akhir 2020 setelah berakhirnya uji klinis fase ketiga.

    Sejumlah perusahaan global beramai-ramai mengembangkan vaksin untuk mengatasi covid-19, yang telah menewaskan lebih dari 925 ribu orang.

    Sebelumnya pada bulan ini, sejumlah perusahaan Barat bertekad akan tetap menegakkan standar sains dan tidak akan terburu-buru mengeluarkan vaksin hanya karena adanya tekanan politik.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id