Partai Berkuasa Jepang Pilih Pengganti Shinzo Abe Hari Ini

    Willy Haryono - 14 September 2020 09:08 WIB
    Partai Berkuasa Jepang Pilih Pengganti Shinzo Abe Hari Ini
    Tiga kandidat ketua LDP: Fumio Kishida (kiri), Yoshihide Suga (tengah), dan Shigeru Ishiba. (Foto: POOL/AFP/File/Koji Sasahara)
    Tokyo: Partai berkuasa di Jepang, Partai Demokratik Liberal (LDP), akan memilih ketua baru untuk menggantikan Shinzo Abe pada hari ini, Senin 14 September 2020. Pemenang dalam pemilihan ini hampir dipastikan menjadi Perdana Menteri baru Jepang.

    Bulan lalu, Abe mengumumkan pengunduran dirinya atas alasan kesehatan.

    Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga diyakini akan keluar sebagai pemenang dalam pemilihan jabatan ketua LDP. Ia adalah orang dekat Abe, yang diyakini akan melanjutkan kebijakan-kebijakan pendahulunya jika menjadi PM.

    Setelah pemilihan ketua LDP berakhir, pemungutan suara selanjutnya akan berlangsung di parlemen. Siapapun pemenang jabatan ketua LDP hampir dipastikan menang dalam pemungutan suara di parlemen karena status mayoritas partai tersebut.

    PM baru Jepang akan melanjutkan masa kepemimpinan Abe hingga selesai, sebelum nantinya digelar pemilihan umum pada September 2021.

    Lahir dari keluarga petani strawberry, Suga adalah politikus veteran Jepang. Karena peran sentralnya sebagai sekretaris kabinet, Suga diperkirakan tidak akan mengalami kesulitan dalam memimpin pemerintahan interim hingga tahun depan.

    "Shinzo Abe dan para petinggi partai memilih Suga karena dia adalah kandidat terbaik untuk 'keberlanjutan,' seseorang yang mereka pikir dapat melanjutkan pemerintahan Abe," kata Koichi Nakano, dekan dan profesor ilmu politik dari Sophia University di Tokyo, kepada kantor berita BBC.

    Meski dikenal bukan sebagai tokoh enerjik atau ambisius, Suga memiliki reputasi sebagai politikus yang bekerja secara efisien serta praktis.

    Kandidat lain yang ikut serta dalam pemilihan ketua LDP adalah mantan menteri pertahanan Shigeru Ishiba dan mantan menteri luar negeri Fumio Kishida.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id