Taliban Tunjuk Ulama sebagai Kepala Negosiator Dialog Damai

    Willy Haryono - 06 September 2020 14:04 WIB
    Taliban Tunjuk Ulama sebagai Kepala Negosiator Dialog Damai
    Sekelompok militan Taliban berada di tengah masyarakat Afghanistan. (Foto: AFP)
    Kabul: Kelompok Taliban menunjuk seorang ulama untuk memimpin delegasi dialog damai dengan Pemerintah Afghanistan di Qatar. Dialog damai dijadwalkan berlangsung awal pekan depan, yang merupakan kesempatan untuk mengakhiri konflik berkepanjangan di Afghanistan.

    Dialog damai Taliban-Afghanistan, atau disebut juga negosiasi intra-Afghanistan, merupakan kelanjutan dari kesepakatan damai yang telah disepakat Taliban dan Amerika Serikat.

    Taliban telah mengumumkan 21 nama tim negosiasi, yang akan dipimpin Mawlavi Abdul Hakim. Hakim dikenal sebagai ulama garis keras dan orang dekat kepala Taliban, Hibatullah Akhundzada.

    Hakim selama ini memimpin sistem peradilan ala Taliban di beberapa wilayah Afghanistan.

    "Kami telah membentuk sebuah tim kuat dan inklusif untuk negosiasi intra-Afghanistan. Sebagian besar tim merupakan anggota Rehbari Shoura (dewan kepemimpinan Taliban), dan kepala hukum emirat (Taliban) telah ditunjuk menjadi pemimpin delegasi," sebut juru bicara Taliban, Zabihillah Mujahid, seperti dimuat di laman Voice of America, Sabtu 5 September 2020.

    Kedua kubu akan berusaha menyepakati sebuah perjanjian gencatan senjata permanen dan juga kesepakatan pembagian kekuasaan di internal pemerintahan Afghanistan.

    Proses perdamaian internal ini merupakan kelanjutan dari perjanjian damai AS dan Taliban pada Februari lalu. Dalam perjanjian itu, AS membukakan jalan bagi Taliban untuk berdialog langsung dengan Afghanistan, sementara Washington akan secara berkala menarik pasukannya dari negara tersebut.

    Di kubu Afghanistan, Menteri Ekonomi Mustafa Mastoor mengatakan bahwa tim negosiator asal Kabul "sudah siap sepenuhnya" untuk berangkat ke Doha, Qatar. Tim diperkirakan bertolak menuju lokasi dialog pada hari Minggu ini.

    Baca: Afghanistan Lanjutkan Pembebasan Militan Taliban


    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id