comscore

Kepulauan Solomon Konfirmasi Penandatanganan Pakta Keamanan dengan Tiongkok

Willy Haryono - 20 April 2022 21:20 WIB
Kepulauan Solomon Konfirmasi Penandatanganan Pakta Keamanan dengan Tiongkok
PM Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare. (Robert Taupongi / AFP)
Honiara: Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare mengonfirmasi bahwa pemerintahannya telah menandatangani sebuah pakta keamanan dengan Tiongkok. Ia menekankan bahwa pakta tersebut "tidak akan mengganggu perdamaian dan keharmonisan kawasan."

Pakta keamanan memungkinkan Tiongkok untuk mengirim personel kepolisian atau militer ke Kepulauan Solomon untuk "membantu menangani ketertiban sosial." Tidak hanya itu, kapal perang Tiongkok juga bisa berlabuh di pelabuhan Kepulauan Solomon untuk keperluan "pengisian ulang logistik."
Dalam pernyataannya kepada parlemen Kepulauan Solomon, Sogavare membela keputusannya menandatangani pakta keamanan dengan Tiongkok, dengan menyebutnya sebagai hal penting bagi "situasi keamanan internal kita."

Sogavare mengatakan pakta Tiongkok melengkapi perjanjian keamanan dengan Australia yang disepakati di tahun 2017. Dalam perjanjian itu, Australia dapat mengirim polisi penjaga perdamaian ke Kepulauan Solomon untuk menangani masalah ketertiban umum.

"Saya bertanya kepada semua tetangga, teman dan mitra kita untuk menghormati kedaulatan Kepulauan Solomon, dengan jaminan bahwa keputusan (pakta keamanan Tiongkok) tidak akan mengganggu perdamaian dan keharmonisan di kawasan kita," ucap Sogavare, dikutip dari The New Daily, Rabu, 20 April 2022.

Kerangka pakta keamanan Tiongkok dan Kepulauan Solomon bocor ke internet bulan lalu, dan pada Selasa kemarin, Beijing mengumumkan bahwa kesepakatan itu sudah ditandatangani. Sogavare juga mengatakan kepada parlemen bahwa pakta dengan Tiongkok sudah ditandatangani "beberapa hari lalu."

Mengenai kontroversi pakta keamanan ini, Sogavare pernah menegaskan bahwa dirinya tidak akan membiarkan Tiongkok membangun pangkalan militer di Kepulauan Solomon. Tiongkok pun membantah memiliki tujuan untuk membangun instalasi militer di negara pulau tersebut.

Baca:  Kepulauan Solomon Tak Akan Izinkan Tiongkok Bangun Pangkalan Militer

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id