Taiwan Konfirmasi Tiga Kasus Covid-19 Varian Brasil

    Willy Haryono - 21 Februari 2021 16:02 WIB
    Taiwan Konfirmasi Tiga Kasus Covid-19 Varian Brasil
    Menkes Taiwan Chen Shih-chung saat berada di Taipei pada 19 Mei 2020. (Sam Yeh/AFP)



    Taipei: Pemerintah Taiwan mengonfirmasi kemunculan tiga kasus varian baru Covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Brasil. Mengantisipasi penyebaran lebih lanjut, Taiwan berencana melakukan karantina terpusat bagi semua orang yang datang dari Brasil mulai pekan depan.

    Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung mengatakan bahwa tiga orang yang terinfeksi varian tersebut sebenarnya sudah dinyatakan positif Covid-19 bulan lalu. Namun setelah diperiksa lebih lanjut, ketiganya dikonfirmasi terinfeksi varian P1 asal Brasil.






    "Mulai Rabu tengah malam mendatang, siapapun yang tiba di Taiwan dari Brasil atau pernah ada di Brasil dalam 14 hari terakhir sebelum berangkatan, harus dikarantina di fasilitas terpusat selama dua pekan," kata Chen, dilansir dari laman The Straits Times pada Minggu, 21 Februari 2021.

    Sementara mereka yang tiba di Taiwan dari negara selain Brasil harus dikarantina di rumah selama 14 hari. Orang-orang tersebut, lanjut Chen, akan diawasi otoritas Taiwan untuk memastikan tidak keluar dari rumah.

    Pandemi Covid-19 telah menewaskan lebih dari 245 ribu orang di Brasil. Angka kematian tersebut merupakan yang terparah setelah Amerika Serikat.

    Brasil mencatat lebih dari 10 juta kasus Covid-19. Kemunculan varian baru semakin memperparah kondisi di negara tersebut, yang saat ini sedang menjalani program vaksinasi nasional.

    Taiwan dinilai sukses dalam meredam penyebaran Covid-19 berkat langkah-langkah pencegahan dini, termasuk menutup rapat perbatasan. Saat ini hanya ada 40 kasus aktif Covid-19 di beberapa rumah sakit di Taiwan.

    Sabtu kemarin, Taiwan telah mengeluarkan izin darurat untuk vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca. Vaksinasi Covid-19 di Taiwan akan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan.

    Baca:  Taiwan Izinkan Penggunaan Darurat Vaksin AstraZeneca

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id