Serangan terhadap Gubernur Afghanistan Tewaskan 8 Orang

    Willy Haryono - 06 Oktober 2020 10:56 WIB
    Serangan terhadap Gubernur Afghanistan Tewaskan 8 Orang
    Salah satu mobil yang rusak dalam serangan bom bunuh diri di provinsi Laghman, Afghanistan, 5 Oktober 2020. (AFP)
    Kabul: Sebuah serangan bom bunuh diri yang ditujukan kepada seorang gubernur di Afghanistan menewaskan sedikitnya delapan orang pada Senin, 5 Oktober. Serangan terjadi saat Presiden Afghanistan Ashraf Ghani berada di Qatar untuk mengikuti dialog damai dengan kelompok Taliban.

    Dua puluh delapan orang juga terluka saat pelaku bom bunuh diri menabrakkan mobilnya ke konvoi Gubernur Laghman, Rahmatullah Yarman.

    "Gubernur sedang mengemudi ke kantor saat mobilnya diserang. Empat pengawal dan empat warga sipil tewas, 28 terluka," kata juru bicara pemerintah provinsi Laghman, Assadullah Daulatzai, dilansir dari CGTN pada Selasa, 6 Oktober 2020. Ia menegaskan, gubernur tidak terluka dalam serangan.

    Jubir Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Tareq Aria mengonfirmasi terjadinya serangan. Ia mengatakan sebagian besar korban luka adalah warga sipil.

    Sejauh ini, belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Laghman pada Senin. Namun, Taliban diketahui aktif di provinsi tersebut.

    Serangan terjadi saat Ghani tiba di Doha untuk bertemu sejumlah pejabat Qatar. Kedatangan Ghani terjadi tiga pekan usai diluncurkannya proses dialog damai antara Pemerintah Afghanistan dan Taliban.

    Sebelum ke Qatar, Ghani terlebih dahulu berkunjung ke Kuwait untuk mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya emir Sheikh Sabah al-Ahmad Al-Sabah. Dari sana, ia bertemu tim negosiator Afghanistan di Doha dan juga Soltan bin Saad Al-Muraikhi, Menteri Luar Negeri Qatar.

    "Ghani mendengarkan informasi dari delegasi dan berbicara singkat untuk menunjukkan dukungan penuhnya terhadap dialog damai," ucap negosiator bernama Nader Naderi.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id