Bangladesh Pertimbangkan Hukum Mati Pelaku Pemerkosa

    Fajar Nugraha - 12 Oktober 2020 20:07 WIB
    Bangladesh Pertimbangkan Hukum Mati Pelaku Pemerkosa
    Ilustrasi oleh Medcom.id.
    Dhaka: Bangladesh mempertimbangkan untuk memberikan hukuman mati kepada pemerkosa. Hal dipicu di tengah meningkatnya kejahatan seksual.

    Protes mengguncang Bangladesh pada Sabtu ketika ratusan orang turun ke jalan untuk menuntut keadilan setelah serangkaian pemerkosaan dan serangan seksual yang telah mendorong pemerintah untuk meminta hukuman mati bagi pelanggar.

    Kelompok hak asasi manusia Ain-o-Salish Kendra, kejahatan seksual telah melonjak di Bangladesh dalam beberapa tahun terakhir. Kasus pemerkosaan beramai-ramai terhitung lebih dari seperlima dari hampir 1.000 serangan yang dilaporkan antara Januari dan September.

    “Angka itu mirip dengan jumlah pemerkosaan yang dilaporkan selama periode yang sama tahun lalu, tetapi meningkat dari 2018,” sebut kelompok tersebut, seperti dikutip Asia One, Senin 12 Oktober 2020.

    Namun, para pegiat mengatakan jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi, dengan banyak wanita enggan melaporkan pelecehan seksual. Kondisi tersebut memicu ratusan warga Bangladesh turun ke jalan-jalan di Dhaka dan kota-kota lain minggu ini untuk memprotes, menuntut ruang aman bagi perempuan dan penangkapan pemerkosa setelah video itu beredar di media sosial.

    "Gantung pemerkosa," teriak pengunjuk rasa yang berkumpul di ibu kota Dhaka dan di tempat lain, ratusan pelajar di antaranya. Banyak yang membawa plakat bertuliskan pesan seperti "Tidak ada ampun untuk pemerkosa" dan "Tolong beritahu saya, apakah saya berikutnya?".

    Protes telah mendorong pemerintah untuk mempertimbangkan memberlakukan hukuman mati bagi pelanggar, dengan kabinet akan menerima proposal untuk amandemen mendesak pada Senin.

    “Kami membuat proposal atas perintah Perdana Menteri Sheikh Hasina Kami ingin memastikan mereka yang bersalah mendapatkan hukuman terberat,” kata Menteri Hukum Anisul Huq.

    Demonstrasi Sabtu dipicu oleh video sekelompok pria yang menelanjangi dan menyerang seorang wanita selama hampir setengah jam di Distrik  Noakhali.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id