PM Australia Berharap Lockdown Melbourne Berlangsung Singkat

    Willy Haryono - 08 Juli 2020 12:50 WIB
    PM Australia Berharap Lockdown Melbourne Berlangsung Singkat
    PM Australia Scott Morrison. (Foto: AFP)
    Canberra: Perdana Menteri Australia Scott Morrison menegaskan bahwa penguncian wilayah (lockdown) terkait pandemi virus korona (covid-19) di kota Melbourne merupakan hal penting. Ia berjanji akan mendukung sektor usaha yang dipastikan terpukul dalam lockdown kedua di Melbourne.

    Pemerintah negara bagian Victoria mengatakan bahwa Melbourne dan area sekitarnya akan menjalani lockdown selama enam pekan mulai Kamis dini hari ini. Lockdown diterapkan karena melonjaknya angka infeksi harian covid-19.

    PM Morrison mengatakan, otoritas kesehatan federal Australia sepakat dengan langkah pemerintah Victoria.

    "Saya berharap (lockdown) tidak terlalu lama. Saya berharap prosesnya hanya berlangsung singkat," ujar PM Morrison, dilansir dari laman nzherald.co.nz, Rabu 8 Juli 2020.

    Ia menambahkan, tujuh negara bagian dan wilayah lain di Australia akan tetap melanjutkan pelonggaran pembatasan covid-19.

    Sementara itu, aktivitas berbelanja secara berlebihan atau panic buying melanda Melbourne dan sekitarnya menjelang lockdown covid-19. 

    Waralaba supermarket terbesar di Australia, Woolworths, mengaku telah membatasi pembelian warga untuk beberapa barang tertentu, termasuk pasta, sayuran, dan gula. Aturan diberlakukan saat warga di seantero Victoria, terutama Melbourne, beramai-ramai menyerbu supermarket.

    Menteri Keuangan Australia Josh Frydenberg memperkirakan lockdown di Melbourne akan menelan kerugian ekonomi hingga AUD1 miliar per pekan. "Lockdown ini akan berdampak besar bagi sektor usaha," ujarnya kepada kantor berita ABC.

    Otoritas kesehatan Melbourne mencatat tambahan 134 infeksi covid-19 dalam 24 jam terakhir. Relatif kecil bila dibandingkan dengan Amerika Serikat atau Brasil, namun angka infeksi harian covid-19 di atas 100 dianggap signifikan oleh Australia.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id