Tiongkok Kembangkan Vaksin Covid-19 Hirup, Picu Respons Imun

    Fajar Nugraha - 28 Juli 2021 17:16 WIB
    Tiongkok Kembangkan Vaksin Covid-19 Hirup, Picu Respons Imun
    CanSino BioLogics kembangkan vaksin covid-19 versi hirup yang uji tahap awal sukses bentuk imunitas. Foto: CFP



    Beijing: Tiongkok mengembangkan versi hirup dari vaksin covid-19. Versi inhalasi atau hirup vaksin covid-19 keluaran CanSino BioLogics (CanSinoBIO) ini sudah dalam uji klinis tahap awal dan dikabarkan memicu respons imun tanpa efek samping yang serius.

    Pada April lalu, CanSino mengatakan, kandidat dua dosis membutuhkan dosis yang lebih rendah daripada versi yang disuntikkan. Hal ini dapat membantu CanSinoBIO meningkatkan kapasitas produksinya untuk mengatasi virus korona.

     



    “Sebanyak dua dosis inhalasi vaksin Ad5-nCoV, yang diberikan dalam rentang 28 hari, menghasilkan tingkat antibodi penetral yang serupa dengan injeksi tunggal,” berdasarkan hasil uji klinis tahap awal, berdasarkan jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat.

    Pembacaan tersebut didasarkan pada data dari uji coba fase satu yang melibatkan 130 peserta dewasa yang sehat di Tiongkok dan diterbitkan di jurnal medis Lancet Infectious Disease pada Senin 26 Juli 2021.

    “Vaksin yang dihirup tidak menyebabkan efek samping yang serius dalam penelitian ini,” kata jurnal the Lancet, seperti dikutip Channel News Asia, Rabu 28 Juli 2021.

    “Beberapa peserta uji coba menerima versi vaksin yang dapat disuntikkan diikuti dengan booster inhalasi 28 hari kemudian. Kelompok itu menginduksi respons antibodi penetralisir yang kuat,” kata laporan The Lancet itu.

    Penulis makalah ini termasuk para peneliti di Akademi Ilmu Kedokteran Militer, CanSino Biologics dan institusi Tiongkok lainnya.

    Vaksin Ad5-nCoV dosis tunggal yang disuntikkan sudah diizinkan untuk digunakan di Tiongkok, Meksiko, dan Pakistan. Keberadaan vaksin ini tentu membuahkan harapan dalam perang melawan pandemi covid-19.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id