Topan Haishen Ancam Korsel usai Menerjang Jepang

    Marcheilla Ariesta - 07 September 2020 13:09 WIB
    Topan Haishen Ancam Korsel usai Menerjang Jepang
    Kondisi perairan di Busan, Korea Selatan, menjelang kedatangan Topan Haishen. (Foto: AFP)
    Seoul: Korea Selatan tengah bersiap menghadapi ancaman Topan Haishen yang sudah tiba di pantai semenanjung selatan pada Senin, 7 September 2020. Badai kuat ini sebelumnya telah menghantam pulau-pulau selatan Jepang.

    "Badai ini membawa angin topan dengan kecepatan putaran hingga 126 kilometer per jam menuju utara kota Ulsan," kata badan cuaca Korea Selatan, dikutip oleh Channel News Asia.

    Angin kencang telah memutus aliran listrik ke hampir 5.000 rumah tangga di ujung selatan Semenanjung Korea, termasuk pulau wisata Jeju. Sejak Sabtu lalu, Jeju telah dilanda hujan dengan intensitas hingga lebih dari 473 milimeter.

    Otoritas Jeju telah mengevakuasi hampir 1.000 orang. Sementara itu, lebih dari 300 penerbangan di 10 bandara, termasuk Bandara Internasional Jeju, telah dibatalkan.

    Akses masuk ke taman nasional, dan beberapa layanan kereta dalam negeri Korsel juga telah ditangguhkan akibat badai tersebut.

    Sementara itu d Jepang, sekitar 440 ribu rumah di wilayah Kyushu masih belum dialiri listrik setelah Haishen berlalu dan bergerak ke arah Korsel pada Senin pagi waktu setempat.

    Laporan NHK menyebutkan, 32 orang terluka akibat Haishen, termasuk seorang perempuan yang jatuh dari tangga. Sementara itu, empat orang lainnya terluka terkena serpihan kaca dari jendela yang pecah akibat diterpa embusan angin.

    Saat ini petugas penyelamat sedang bergerak ke pedesaan Miyazaki yang dilanda longsor usai terjangan Haishen. "Puluhan petugas sedang dalam perjalanan untuk membantu (operasi penyelamatan)," ucap Kepala Sekretaris Kabinet, Yoshihide Suga.

    Haishen dilaporkan telah menewaskan dua orang di Jepang. Namun hingga kini, otoritas Jepang belum merilis detail mengenai dua kematian tersebut.

    Sebelumnya, Korsel telah dihantam Topan Maysak. Lebih dari 2.200 warga Korsel dievakuasi dari ancaman badai, yang juga telah melanda beberapa wilayah di Korea Utara.


    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id