Pasien Tertua Covid-19 di Korsel Dinyatakan Sembuh

    Willy Haryono - 16 Mei 2020 12:07 WIB
    Pasien Tertua Covid-19 di Korsel Dinyatakan Sembuh
    Choi Sang-boon dibawa keluar dari Pusat Medis Pohang pada Jumat 15 Mei 2020 usai dinyatakan sembuh dari covid-19. (Foto: Handout/Pohang Medical Centre)
    Seoul: Pasien tertua virus korona (covid-19) di Korea Selatan dinyatakan sembuh dan telah keluar dari rumah sakit. Choi Sang-boon, nenek berusia 104 tahun, meninggalkan Pusat Medis Pohang pada Jumat 15 Mei.

    Keluarnya Choi dari rumah sakit terjadi di hari yang sama saat angka pasien covid-19 di Korsel turun di bawah 1.000 untuk kali pertama dalam dua bulan.

    Pekerja kesehatan Pusat Medis Pohang membuat sebuah spanduk bertuliskan ucapan selamat untuk Choi yang telah dirawat selama 67 hari. Para staf juga memberikan karangan bunga kepada Choi.

    "Kami semua bersyukur beliau dapat bertahan selama perawatan demi bisa kembali ke kehidupan normal," kata Ham In-suk, Kepala Pusat Medis Pohang, dilansir dari laman South China Morning Post.

    Choi menjadi pasien ke-291 yang sembuh dan meninggalkan Pusat Medis Pohang. Saat ini masih ada 31 pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit tersebut.

    Berusia 104 tahun, Choi dinyatakan positif covid-19 pada 8 Maret lalu. Ia merupakan bagian dari klaster infeksi panti jompo di kota Gyeongsan di dekat Daegu.

    Choi sempat mengalami peradangan usus, berkurangnya kesadaran, dan tekanan darah rendah. Selama dirawat, Choi dikabarkan selalu mengucapkan terima kasih kepada para staf medis yang selalu merawat dan menemaninya sepanjang waktu.

    Baca: Nenek 113 Tahun di Spanyol Kalahkan Virus Korona

    Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Sabtu 16 Mei 2020, total kasus covid-19 di Korsel telah melampaui 11 ribu dengan 262 kematian dan 9.851 pasien sembuh.

    Jumat kemarin, Korsel mencatat tambahan 27 kasus covid-19, yang 22 di antaranya terkait dengan klaster kelab malam di Itaewon, Seoul.

    Yoon Tae-ho, seorang pejabat kesehatan senior, mengatakan bahwa angka pasien covid-91 yang dirawat saat ini telah berkurang ke tiga digit -- pertama kali di bawah 1.000 sejak 26 Februari.

    "Jumlah pasien kini sudah berada di level yang dapat ditangani oleh sistem kesehatan negara ini," ungkapnya.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id