Satu dari 22 Penambang Tiongkok yang Terjebak Berhasil Diselamatkan

    Willy Haryono - 24 Januari 2021 11:37 WIB
    Satu dari 22 Penambang Tiongkok yang Terjebak Berhasil Diselamatkan
    Seorang penambang berhasil diselamatkan dari area bawah tanah di tambang emas Hushan di provinsi Shandong, Tiongkok pada Minggu, 24 Januari 2021. (XINHUANEWS)



    Beijing: Tim penyelamat gabungan berhasil menarik satu dari 22 penambang yang telah terjebak di bawah tanah selama dua pekan di sebuah tambang di provinsi Shandong, Tiongkok pada Minggu, 24 Januari 2021. Ia dan 21 rekannya terjebak di tambang emas Hushan yang tiba-tiba meledak pada 10 Januari lalu.

    Baca:  Sekelompok Penambang di Tiongkok Masih Terperangkap Sejak 10 Januari




    Menurut laporan kantor berita CCTV, satu penambang berhasil ditemukan dan diselamatkan di lokasi yang terpisah dari 10 penambang lain.

    "Pria tersebut berada dalam kondisi fisik yang lemah," lapor CCTV.

    Tim penyelamat telah menggali lubang-lubang kecil untuk menyalurkan pasokan makanan dan obat-obatan ke para penambang. Penyebab ledakan yang menutup pintu masuk tambang Hushan belum diketahui.

    Sepuluh penambang yang berkumpul di satu lokasi sempat berkomunikasi dengan mengirimkan surat. Mereka juga mengatakan pernah berkomunikasi dengan satu penambang yang berada 100 meter di bawah mereka.

    Namun selang beberapa waktu, satu penambang tersebut tidak lagi mengirim pesan ke 10 rekannya. Belum diketahui dengan pasti apakah satu penambang itu adalah yang berhasil diselamatkan hari ini.

    Pengeboran berjalan sulit karena adanya bebatuan keras dan posisi kesepuluh penambang sangat jauh dari permukaan. Tim penyelamat juga harus berhati-hati agar tidak memicu kebocoran air yang dapat membanjiri area bawah tanah tambang.

    Gong Haitao, wakil kepala departemen publisitas lokal Shandong, mengestimasi waktu yang dibutuhkan untuk menarik keluar semua penambang sekitar dua pekan.

    "Material yang menghalangi jalan kami berbobot sekitar 70 ton," ucap dia.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id