Taiwan Mengaku Menjalin Interaksi Baik dengan Tim Biden

    Willy Haryono - 24 November 2020 13:34 WIB
    Taiwan Mengaku Menjalin Interaksi Baik dengan Tim Biden
    Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden. (AFP)
    Taipei: Taiwan mengaku menjalin "interaksi baik" dengan tim presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden. Pernyataan disampaikan Kementerian Luar Negeri Taiwan yang ingin memastikan hubungan baik terjalin dengan pemerintahan baru AS mulai Januari tahun depan.

    Diklaim Tiongkok namun berkuasa secara demokratis, Taiwan mendapat dukungan kuat dari pemerintahan AS di bawah kepemimpinan petahana Donald Trump. Kedekatan Taiwan dan AS terlihat dari meningkatnya penjualan senjata serta kunjungan sejumlah pejabat tinggi dari Washington ke Taipei.

    Terpilihnya Biden, seorang tokoh Partai Demokrat, memicu kekhawatiran di Taiwan. Di sana, Trump masih tetap menjadi tokoh populer di kalangan publik.

    Kendati begitu, Taiwan ingin tetap menjalin hubungan dekat dengan AS. Bulan ini, duta besar de facto Taiwan di Washington sudah berbicara dengan Antony Blinken, ajudan senior Biden yang diyakini akan segera ditunjuk menjadi Menteri Luar Negeri AS.

    Juru bicara Kemenlu Taiwan Joanne Ou mengatakan, Taipei menjalin hubungan baik dengan Demokrat dan juga Partai Republik di AS.

    Baca:  Miliki Kesamaan Nilai, AS Mengaku Sangat Dekat dengan Taiwan

    "Kemenlu (Taiwan) dan perwakilan kami di AS terus menjalin komunikasi dan interaksi yang baik dengan tim Biden melalui berbagai saluran," ujar Ou, dilansir dari laman The Straits Times pada Selasa, 24 November 2020.

    "Di waktu yang sama, kami juga menyampaikan rasa terima kasih tulus kepada pemerintahan Trump. Hubungan Taiwan-AS saat ini merupakan yang terbaik dalam sejarah. Kami benar-benar berterima kasih," sambungnya.

    Ou menambahkan, Taiwan masih tetap menjalankan perannya sebagai mitra dekat dan terpercaya AS, baik dalam isu regional maupun global.

    AS, seperti sebagian besar negara lain, tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan. Namun AS adalah pendukung terkuat Taiwan di kancah global dan juga sumber utama dari pasokan persenjataan.

    Kedekatan hubungan Taiwan-AS ini membuat Tiongkok geram, yang semakin memperburuk hubungan antara Washington dan Beijing.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id