Korut Khawatir Debu dari Tiongkok Tercemar Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 24 Oktober 2020 18:06 WIB
    Korut Khawatir Debu dari Tiongkok Tercemar Covid-19
    Ilustrasi debu kuning dari gurun. Foto: AFP.
    Pyongyang: Korea Utara memperingatkan warganya untuk sebisa mungkin selalu berada di dalam rumah. Pasalnya, debu kuning yang setiap tahun berembus dari Tiongkok, kemungkinan membawa virus korona (covid-19).

    "Karena infeksi virus korona terus menyebar ke seluruh dunia, kebutuhan untuk mengatasi masalah debu kuning dan mengambil tindakan menyeluruh merupakan hal penting," kata surat kabar pemerintah Korut, Rodong Sinmun, dikutip dari Malay Mail, Sabtu, 24 Oktober 2020.

    Dalam laporan media tersebut, covid-19 disebut berpotensi menyebar ke Korut melalui Gurun Gobi. Sejauh ini belum ada ilmuwan yang mendukung teori tersebut, salah satunya karena jarak dari Gurun Gobi ke Korut mencapai 1.900 kilometer.

    Surat kabar tersebut mengatakan, semua warga Korut diimbau menahan diri untuk berkegiatan di luar ruangan, dan juga harus mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker saat keluar rumah.

    Sejauh ini pemerintahan Kim Jong-un berkukuh tidak ada satu pun kasus covid-19 di Korut. Klaim ini dipertanyakan para ahli, karena dekatnya hubungan Korut dengan Tiongkok -- negara pertama munculnya covid-19.

    Sejak awal pandemi covid-19, Pyongyang telah memberlakukan kontrol perbatasan ketat dan tindakan karantina untuk mencegah wabah. Menurut pengamat, wabah covid-19 bisa menghancurkan Korut yang terisolasi secara ekonomi dan politik.

    Debu kuning dari Tiongkok bertekstur halus, dan kemungkinan memang dapat mengandung zat berbahaya, seperti logam berat dan mikroorganisme patogen, termasuk virus.

    "Warga harus memperhatikan kebersihan pribadi setelah kembali dari luar. Selain itu, para pekerja juga harus menghindari pekerjaan konstruksi di luar ruangan," imbuh laporan di Rodong Sinmun.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id