Lebih dari 2.200 Orang Dievakuasi dari Topan Maysak di Korsel

    Marcheilla Ariesta - 03 September 2020 16:34 WIB
    Lebih dari 2.200 Orang Dievakuasi dari Topan Maysak di Korsel
    Kerusakan akibat topan Maysak di Korea Selatan. Foto: AFP
    Seoul: Lebih dari 2.200 orang dievakuasi akibat Topan Maysak yang menghantam Korea Selatan (Korsel). Selain itu, kantor berita Yonhap, Kamis, 3 September 2020, melaporkan jika seorang warga meninggal akibat topan.

    "Topan Maysak, bertiup dengan kekuatan angin 138 kilometer per jam saat ini bergerak ke arah timur laut," kata Korea Meteorological Administration, dilansir dari Sputnik, Kamis, 3 September 2020.

    Otoritas bencana menyebutkan seorang nenek berusia 60 tahun di Busan meninggal dunia. Ia tertimpa jendela teras di rumahnya yang hancur oleh angin.

    Markas Besar Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Korea menyebutkan 2.200 orang telah meninggalkan rumah. "Evakuasi dilakukan sebagai bentuk pencegahan," kata mereka.

    Saat ini, lebih dari 800 pohon, kendaraan, fasilitas umum dan lainnya rusak akibat topan tersebut. Selain itu, reaktor nuklir Shin-Kori 4 harus dihentikan operasinya karena masalah pasokan listrik.

    Pemerintah Korsel mengatakan tidak ada bahan nuklir yang bocor.

    Topan ini juga menghantam wilayah Korea Utara. Kantor berita KCNA kemarin menyebutkan jika pihak berwenang telah mengambil tindakan untuk meminimalkan kerusakan.

    Para pejabat telah melakukan survei di tempat-tempat rawan serta memeriksa infrastruktur, termasuk terowongan dan jalan kereta api.

    Bencana alam cenderung berdampak lebih besar di Korea Utara karena infrastrukturnya yang kurang kuat. Terlebih negara ini juga rentan terhadap banjir akibat gunung dan bukit yang telah lama mengalami deforestasi.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id