Pulang dari Luar Negeri, Warga Selandia Baru Dikarantina

    Marcheilla Ariesta - 09 April 2020 13:41 WIB
    Pulang dari Luar Negeri, Warga Selandia Baru Dikarantina
    Kondisi sepi di Ibu Kota Selandia Baru, Wellington di saat pelaksanaan lockdown. Foto: AFP
    Wellington: Selandia Baru akan mulai memindahkan warga yang baru kembali dari luar negeri untuk menjalani karantina wajib. Langkah ini akan dilakukan Jumat, 10 April 2020.

    Langkah tersebut merupakan upaya terbaru pemerintah Selandia Baru untuk memperlambat penyebaran virus korona. Saat ini, pemerintah hanya melakukan penguncian wilayah secara nasional selama empat pekan.

    "Tidak ada yang pulang, semua orang pergi ke fasilitas yang dikelola," kata Perdana Menteri Jacinda Ardern, dilansir dari Straits Times, Kamis 9 April 2020.

    Ardern menambahkan pemerintah akan memberikan prasyarat untuk semua wisatawan asing untuk menghabiskan waktu selama 14 hari di fasilitas yang telah disetujui.

    "Bahkan satu orang menyelinap melalui celah-celah dan membawa virus masuk bisa menyebabkan ledakan besar kasus. Kami telah mengamatinya dengan beberapa kelompok yang lebih besar," katanya.

    Ardern menambahkan kabinetnya akan memutuskan untuk memperpanjang pembatasan nasional pada 20 April, dua hari sebelum lockdown berakhir. Pihak berwenang menuturkan penguncian tersebut telah mengurangi transmisi domestik.

    Hal itu dibuktikan dengan penurunan kasus yang secara stabil terjadi pekan ini.

    Per hari ini, jumlah kasus terkonfirmasi covid-19 di Selandia Baru naik sebanyak 29 kasus sehingga menjadi 1.239. Jumlah tersebut yang terendah sejak 21 Maret lalu. Bahkan, sebanyak 35 orang dinyatakan sembuh dalam sehari.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id