comscore

Gempa Magnitudo 6,6 Guncang Perairan Dekat Prefektur Oita Jepang

Willy Haryono - 22 Januari 2022 13:15 WIB
Gempa Magnitudo 6,6 Guncang Perairan Dekat Prefektur Oita Jepang
ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)
Oita: Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 mengguncang perairan dekat pulau Kyushu, Jepang pada Sabtu dini hari waktu setempat, sekitar pukul 01.08. Menurut catatan Agensi Meteorologi Jepang (JMA), episentrum gempa berlokasi sekitar 75 kilometer dari prefektur Oita dengan kedalaman 40 km.

Dilansir dari KBS World, guncangan di kisaran magnitudo 5,0 yang merupakan imbas dari gempa dekat Oita terasa di beberapa area sekitar, termasuk Miyazaki.

 



Guncangan dengan intensitas yang lebih rendah terasa di area-area pesisir Korea Selatan, termasuk Busan, Ulsan dan Provinsi Gyeongsang Selatan.

Gempa bumi Jepang berkekuatan magnitudo 7,0 pernah terjadi di area yang sama, dan JMA mengaku akan menyelidiki apakah kedua guncangan itu saling terkait atau tidak.

JMA memperingatkan masyarakat Jepang, terutama yang tinggal di area pesisir, untuk mewaspadai guncangan serupa yang dapat terjadi dalam beberapa pekan ke depan.

Oktober lalu, setidaknya 20 orang terluka dalam gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 di ibu kota Jepang, Tokyo, pada malam hari. JMA menyebutkan pusat gempa ada di prefektur Chiba.

Baca:  Tokyo Diguncang Gempa 6,1 Magnitudo, 20 Orang Terluka

Gempa kala itu dianggap sebagai salah satu yang terkuat mengguncang Tokyo sejak bencana gempa magnitudo 9,0 yang memicu tsunami pada 2011. Musiba tersebut menewaskan ribuan orang.

Jepang berada di ‘Cincin Api’ atau Ring of Fire, area rawan aktivitas seismik intens yang membentang melewati Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.


(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id