Antisipasi Wabah Flu Burung, India Musnahkan Ribuan Unggas

    Willy Haryono - 06 Januari 2021 14:22 WIB
    Antisipasi Wabah Flu Burung, India Musnahkan Ribuan Unggas
    Enam negara bagian di India berusaha meredam penyebaran flu burung yang menginfeksi berbagai jenis unggas
    New Delhi: India telah mulai memusnahkan puluhan ribuan unggas usai banyak angsa liar, burung gagak, dan bebek di seantero negeri dinyatakan positif terinfeksi flu burung. Otoritas India pertama kali mendeteksi varian H5N8 sepekan lalu, usai sejumlah burung ditemukan mati di beberapa negara bagian.

    Pemerintah federal India telah mengeluarkan level "peringatan tinggi," dan meminta kepala-kepala daerah untuk mengambil "langkah darurat" dalam meredam penyebaran flu burung.

    Meski sebagian besar varian flu burung berisiko rendah menginfeksi manusia, masyarakat diminta untuk tidak menyentuh bangkai atau unggas yang terlihat sakit.

    Baca:  Wabah Flu Burung di Jepang Menyebar ke Prefektur Kelima

    Peringatan ancaman flu burung disampaikan Pemerintah India yang juga sedang memerangi pandemi virus korona (covid-19). Meski jumlah kasus baru covid-19 menurun, India bersiap memvaksinasi ratusan juta warga dalam waktu dekat hingga beberapa bulan ke depan.

    Usai munculnya peringatan dari pemerintah, sejumlah peternakan dan tempat usaha yang penjual daging unggas berhenti beroperasi di sejumlah distrik. Penjualan telur unggas juga terhenti.

    Flu burung di India saat ini tidak hanya menyerang jenis unggas peternakan, tapi juga beberapa spesies burung lainnya. Di negara bagian Himachal Pradesh, sekitar 2.400 burung migrasi -- sebagian besar tipe angsa yang terbang dari Siberia dan Mongolia -- ditemukan mati di sekitar danau Pong Dam.

    "Peringatan telah dikeluarkan dalam radius 10 kilometer dari bendungan ini. Sejauh ini tidak ada gejala-gejala flu burung, karena menang tidak ada peternakan di area ini," kata ahli patologi hewan, Vikram Singh.

    Sementara di negara bagian Kerala, otoritas setempat melaporkan adanya 12 ribu bebek yang mati. Kerala juga berencana memusnahkan lebih dari 36 ribu unggas demi meredam penyebaran flu burung.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id