Freezer Rusak, 1.000 Vaksin Covid-19 di Jepang Terpaksa Dibuang

    Willy Haryono - 02 Maret 2021 16:47 WIB
    Freezer Rusak, 1.000 Vaksin Covid-19 di Jepang Terpaksa Dibuang
    Ilustrasi vaksin covid-19. (AFP)



    Tokyo: Lebih dari 1.000 dosis vaksin Covid-19 terpaksa dibuang dari sebuah institusi medis di Jepang pada Senin, 1 Maret. Langkah tersebut dilakukan karena alat pembeku (freezer) tempat menyimpan 1.000 vaksin tersebut rusak sepanjang akhir pekan kemarin.

    Menurut keterangan Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, unit freezer yang bermasalah itu telah disita untuk menyelidiki penyebab terjadinya kerusakan.






    Dilansir dari laman Asia One pada Selasa, 2 Maret 2021, seorang staf di institusi medis di Jepang baru menyadari bahwa suhu di dalam freezer pada Senin pagi telah naik menjadi 27 derajat Celcius. Padahal seharusnya, suhu di dalam freezer tersebut adalah minus 80 derajat Celcius.

    Saat kerusakan terjadi, freezer tersebut menampung 1.032 dosis vaksin Covid-19.

    Pemeriksaan data menunjukkan bahwa temperatur freezer mulai naik pada Jumat, 26 Februari, sekitar pukul 23.00. Tidak ada staf yang datang ke institusi saat akhir pekan, sehingga masalahnyab baru diketahui pada Senin kemarin.

    Sebanyak 1.170 dosis vaksin telah dikirim ke institusi tersebut sejak 15 Februari. Beberapa dari dosis vaksin telah dipakai untuk vaksinasi, sementara sisanya disimpan.

    Kemenkes Jepang tidak menyebutkan jenis vaksin apa yang telah dibuang, namun diduga adalah produk buatan Pfizer-BioNTech. Vaksin buatan dua perusahaan tersebut diketahui harus disimpan di suhu minimal minus 80 derajat Celcius.

    Hingga Senin malam, Kemenkes Jepang tidak menerima laporan adanya kerusakan lain dari sekitar 100 freezer di institusi medis tersebut.

    "Kami akan menginvestigasi penyebabnya, dan akan segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan," ujar seorang pejabat Kemenkes Jepang.

    Jepang telah memulai vaksinasi Covid-19 pada 17 Februari lalu. Kelompok pertama yang mendapat vaksin Covid-19 di Jepang adalah tenaga kesehatan. Vaksinasi dilakukan sekitar lima bulan menjelang Olimpiade Tokyo 2020.

    Baca:  Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Jepang Dilakukan Bertahap

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id