comscore

Setelah Wang Yi, Menlu Australia akan Berkunjung ke Tonga

Marcheilla Ariesta - 01 Juni 2022 16:04 WIB
Setelah Wang Yi, Menlu Australia akan Berkunjung ke Tonga
Menlu baru Australia Penny Wong./AFP
Nuku'alofa: Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong akan melakukan perjalanan ke pulau terpencil di Pasifik, Tonga pada Jumat, 3 Juni mendatang. Kunjungannya tersebut dilakukan beberapa hari setelah Menlu Tiongkok Wang Yi mengunjungi negara itu.

Perdana Menteri Tonga Siaosi Sovaleni memberi penjelasan kepada wartawan lokal tentang kunjungan Wang Yi. Ia mengatakan, enam perjanjian telah ditandatangani dalam kunjungan tersebut.
Dia mengonfirmasi diskusi diadakan dengan Wang Yi tentang pinjaman Tonga dari Tiongkok. Konfirmasi tersebut dikeluarkan lewat sebuah pernyataan oleh kantor perdana menteri.

Tonga, yang dilanda letusan gunung berapi dan tsunami pada Januari, berutang dua pertiga dari utang luar negerinya sebesar USD195 juta kepada Bank Ekspor-Impor Tiongkok.

Baca juga: Tiongkok Gagal Tandatangani Pakta Keamanan dengan Negara-negara Pasifik

Australia dan Selandia Baru adalah negara donor terbesar ke negara itu.

"Menlu Australia Penny Wong akan berada di Nuku'alofa pada Jumat mendatang. Pertemuan ini adalah kunjungan resmi pertamanya ke negara kami," kata kantor kepresidenan, dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 1 Juni 2022.

Pada Selasa kemarin, Wang menandatangani perjanjian di Tonga untuk peralatan laboratorium polisi, tanggap bencana, dan kerja sama perikanan.

Ia tiba di Vanuatu pada Rabu pagi waktu setempat. Kunjungannya tersebut merupakan bagian dari tur Pasifik, di mana Beijing berambil memperluas hubungan keamanan regional di kawasan tersebut.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id