comscore

Hadiri Sidang OKI, Tiongkok dan Negara-Negara Islam Bertekad Perkuat Kerja Sama

Medcom - 22 Maret 2022 18:02 WIB
Hadiri Sidang OKI, Tiongkok dan Negara-Negara Islam Bertekad Perkuat Kerja Sama
Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi. (Ishara S. KODIKARA / AFP)
Islamabad: Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Tiongkok Wang Yi pada Senin, 21 Maret 2022 mengatakan bahwa Tiongkok dan negara-negara Islam memiliki tekad yang kuat untuk membangun hubungan dalam rangka persatuan, keadilan, dan pembangunan.

Dalam konferensi pers bersama Menlu Pakistan Shah Mahmood Qureshi, Wang mengatakan ini adalah pertama kalinya ia menghadiri pertemuan Dewan Menteri Luar Negeri besutan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI/OIC) sebagai Menlu Tiongkok. Wang diketahui menghadiri Sidang ke-48 OKI di Islamabad, Pakistan yang berlangsung 22-23 Maret 2022.
Ia menyampaikan bahwa kedatangannya menunjukkan keinginan Tiongkok dan negara-negara Islam untuk memperkuat kerja sama. Tema pertemuan ini, “Membangun Hubungan untuk Persatuan, Keadilan dan Pembangunan" disebutnya mengandung makna khusus di tengah keadaan internasional saat ini.

Wang menyebut Tiongkok dan negara-negara Islam memiliki sejarah mendalam, serta berpegang pada nilai-nilai serupa, dan mempunyai misi bersejarah yang sama. 

Tiongkok siap membangun hubungan dengan negara-negara Islam yang saling mendukung dan didasari pemahaman bersama.

Menghadapi perubahan signifikan abad ini dan pandemi, Wang membahas pentingnya persatuan yang lebih erat dan kesamaan pandangan antara Tiongkok dengan sejumlah  negara Islam. Itu termasuk berbicara dengan satu suara dan menjaga kepentingan bersama.

Dunia saat ini, disebut Wang, jauh dari ketenangan. Muncul berbagai tantangan bagi sistem internasional yang berlaku.

Tiongkok bersedia bekerja sama dengan negara-negara Islam untuk mengejar multilateralisme, menjaga kemerdekaan berdaulat dan martabat nasional seluruh negara. Juga, menjunjung tinggi tujuan dan prinsip Piagam PBB, serta menjaga keadilan dalam hubungan internasional.

Menekankan potensi besar keuntungan dari kerja sama tersebut, Wang menyatakan Tiongkok siap berkontribusi terhadap pemulihan dan pertumbuhan ekonomi dunia. (Kaylina Ivani)

Baca:  Indonesia Terpilih Sebagai Anggota Dewan SESRIC dan ICDT di Markas OKI

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id