comscore

Tiongkok Temukan Kotak Hitam Kedua China Eastern Airlines

Willy Haryono - 27 Maret 2022 11:50 WIB
Tiongkok Temukan Kotak Hitam Kedua China Eastern Airlines
Petugas menelusuri puing pesawat China Eastern Airlines di pegunungan Guangxi, Tiongkok, 25 Maret 2022. (AFP / Noel Celis)
Beijing: Tim evakuasi telah menemukan kotak hitam (black box) kedua -- flight data recorder (FDR) -- dari puing pesawat maskapai China Eastern Airlines di wilayah pegunungan selatan Guangxi pada Minggu, 27 Maret 2022.

Dikutip dari laman Xinhua, penemuan ini terjadi setelah otoritas Tiongkok mengonfirmasi bahwa total 132 orang di dalam pesawat tersebut dipastikan meninggal dunia.
Pesawat China Eastern Airlines dengan nomor penerbangan MU5735 sedang bertolak dari kota Kunming menuju Guangzhou pada Senin kemarin. Pesawat itu jatuh menukik pada sore hari, di saat seharusnya mulai melakukan manuver pendaratan.

Dalam konferensi pers pada Sabtu malam, otoritas Tiongkok mengonfirmasi bahwa 132 orang, termasuk sembilan kru China Eastern Airlines, dipastikan meninggal dunia.

Baca:  Tiongkok: 132 Tewas dalam Kecelakaan China Eastern

Jatuhnya pesawat China Eastern Airlines ini merupakan kecelakaan udara paling mematikan di pulau utama Tiongkok sejak 1994. Penyebab pasti jatuhnya pesawat ini belum diketahui.

Kotak hitam pertama -- cockpit voice recorder (CVR) -- telah ditemukan pada Rabu kemarin. CVR itu telah dikirim ke Beijing untuk diperiksa tim ahli.

Posisi kotak hitam kedua berada di sebuah lereng, yang akhirnya ditemukan petugas pada hari ini sekitar pukul 09.20 waktu setempat. Kotak hitam ini digali dari dalam tumpukan tanah berlumpur, sekitar 1,5 meter dari permukaan lereng.

Tiongkok memimpin investigasi jatuhnya China Eastern Airlines. Amerika Serikat (AS) juga ikut serta, karena Boeing 737-800 didesain dan diproduksi di Negeri Paman Sam.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id