comscore

AS dan Korsel Tawarkan Vaksin Covid-19 ke Korut

Willy Haryono - 21 Mei 2022 17:36 WIB
AS dan Korsel Tawarkan Vaksin Covid-19 ke Korut
Presiden AS Joe Biden (kiri) bersama Presiden Korsel Yoon Suk-yeol di Seoul, Sabtu, 21 Mei 2022. (SAUL LOEB / AFP)
Seoul: Presiden Joe Biden mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) telah menawarkan vaksin Covid-19 ke Pyongyang. Namun sejauh ini, AS "belum mendapat respons" apa pun meski Covid-19 tengah mewabah di Korut.

Saat ini, hampir 2,5 juta warga Korut mengalami gejala-gejala umum seperti "demam."
Biden, yang sedang berada di Korea Selatan dalam kunjungan perdananya ke Asia sebagai presiden AS, mengatakan bahwa Washington dan Seoul telah menyampaikan penawaran terbaru kepada Korut, namun sejauh ini belum direspons.

"Kami telah menawarkan vaksin. Tidak hanya ke Korea Utara, tapi juga Tiongkok. Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya," kata Biden dalam konferensi pers di Seoul, dikutip dari The Straits Times, Sabtu, 21 Mei 2022.

"Belum ada respons sejauh ini," sambungnya.

Korut telah melaporkan kasus pertama varian Covid-19 Omicron bulan ini, dan terlepas dari kampanye epidemi "darurat maksimal" Korut, virus tersebut menyebar di antara 25 juta warga yang belum satu pun divaksinasi.

Sabtu ini, media nasional Korut melaporkan bahwa hampir 2,5 juta warga mengalami "demam," dengan 66 orang terkonfirmasi meninggal dunia. Disebutkan bahwa Korut sedang "mengintensifkan" kampanye anti-epidemi.

Dalam konferensi pers gabungan, Biden dan Presiden Korsel Yoon Suk-yeol sama-sama mengekspresikan kekhawatiran atas wabah Covid-19 di Korut.

"Korsel dan AS bersedia bekerja sama dengan komunitas internasional untuk menyediakan bantuan kepada DPRK dalam memerangi virus," ungkap keduanya.

Yoon menegaskan bahwa tawaran bantuan ini disampaikan berdasarkan "prinsip kemanusiaan, bukan atas isu politik dan militer."

Baca:  Data Kematian Covid-19 Korut Diragukan

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id