comscore

Populer Internasional: Selandia Baru Akan Larang Kapal Selam Australia Melintas

Fajar Nugraha - 17 September 2021 08:49 WIB
Populer Internasional: Selandia Baru Akan Larang Kapal Selam Australia Melintas
Perdana Menteri Selandia baru tidak akan mengizinkan kapal selam nuklir Australia melintas. Foto: AFP
Wellington: Selandia Baru tidak akan mencabut larangan melintas kapal bertenaga nuklir di perairannya. Ini terkait kesepakatan Australia dengan Amerika Serikat (AS) dan Inggris yang akan diberikan kapal selam nuklir baru.

Kabar itu menjadi berita terpopuler Internasional Medcom, bersama dengan beberapa isu menarik lainnya. Termasuk terungkapnya silsilah keluarga Joe Biden yang memiliki budak di era kolonial.

 



Diikuti dengan berita mengenai Tiongkok yang mengecam kesepakatan kapal selam nuklir Australia-Amerika Serikat. Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom:

1. PM Selandia Baru Akan Larang Kapal Selam Nuklir Australia Melintas Perairannya

Selandia Baru tidak akan mencabut larangan selama puluhan tahun terhadap kapal bertenaga nuklir memasuki perairannya. Ini diutarakan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyusul Australia yang meraih kesepakatan kapal selam nuklir bersama Inggris dan Amerika Serikat (AS).
 
Ardern mengatakan bahwa mitranya dari Australia Scott Morrison telah memberi tahu tentang rencana Canberra untuk mengembangkan kapal selam bertenaga nuklir dengan bantuan Amerika Serikat dan Inggris.
 
Dia menggambarkan kesepakatan itu "terutama seputar teknologi dan perangkat keras pertahanan", mengecilkan implikasi dari kemitraan “Five Eyes” yang diisi AS, Inggris, Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

Seperti apa ketegasan Perdana Menteri Jacinda Ardern? Simak di sini.

2. Terungkap Silsilah Keluarga Biden Punya Budak saat Era Kolonial

Ahli silsilah melaporkan ada bukti jika nenek moyang dari pihak ayah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memiliki budak. Temuan dirinci dalam kutipan yang diadaptasi dari buku terbaru koresponden Politico, Ben Schreckinger 'The Bidens: Inside the First Family's Fifty-Year Rise to Power'.
 
 


Temuan tersebut dilakukan Alexander Bannerman, seorang ahli silsilah di West Virginia, dan ahli garis keturunan, Gary Boyd Roberts.
 
Setelah pemilihan presiden 2020, Bannerman bekerja sama dengan Roberts untuk menyusun silsilah Biden di majalah American Ancestors edisi musim dingin 2021. Bannerman memberi tahu Schreckinger bahwa selama penelitian mereka, pasangan itu menemukan bahwa dua leluhur Biden di pihak ayahnya memperbudak orang saat tinggal di Maryland.

Bagaimana silsilah keluarga Joe Biden? Selanjutnya di sini.

3. Tiongkok Kecam Kesepakatan Kapal Selam Nuklir Australia-AS

Tiongkok pada Kamis 16 September 2021 mengecam aliansi baru Amerika Serikat (AS) dengan Australia dan Inggris. Aliansi AUKUS ini mengumumkan Australia akan memperoleh teknologi kapal selam nuklir, sebagai upaya menangkal ancaman "sangat tidak bertanggung jawab" terhadap stabilitas regional.
 
“Perjanjian itu sangat merusak perdamaian dan stabilitas regional dan mengintensifkan perlombaan senjata,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian mengatakan pada konferensi pers, seperti dikutip AFP, Rabu 16 September 2021.

Sekutu Barat tidak menyebut Tiongkok ketika mengungkap kesepakatan kapal selam pada Rabu. Tetapi niat mereka jelas, dengan masing-masing mengacu pada masalah keamanan regional.
 
Pengumuman itu muncul ketika Australia telah meningkatkan pengeluaran pertahanan dengan waspada terhadap Tiongkok yang meningkat pesat dan lebih tegas.

Mengapa Tiongkok memberikan kecaman? Simak di tautan ini.

(FJR)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id