Lockdown dan Ubah Kebijakan Vaksin, Upaya India Hadapi Varian Delta

    Fajar Nugraha - 18 Juni 2021 19:05 WIB
    Lockdown dan Ubah Kebijakan Vaksin, Upaya India Hadapi Varian Delta
    Seorang pasien covid-19 di India dipindahkan ke ruangan rumah sakit di New Delhi. Foto: AFP



    New Delhi: Meskipun saat ini angka infeksi harian di India terus menurun, varian Delta covid-19 masih menjadi ancaman. Dari penularan per hari pernah memuncak hingga di atas 300 ribu sampai saat ini mencapai 62 ribu, India mampu bertahan.

    Menurut Kementerian Kesehatan India yang dikutip dari Hindu Times, Jumat 18 Juni 2021, rata-rata kesembuhan di India meningkat menjadi 96,03 persen. Dalam 24 jam terakhir, pasien yang sembuh mencapai 88,977 orang dan angka infeksi per hari berada di 62,480 kasus.

     



    Lockdown terbukti menjadi senjata ampuh bagi India dalam mengatasi lonjakan kasus covid-19 yang terjadi. Malapetaka gelombang kedua covid-19 yang terjadi di India, telah membuat dua pertiga dari negara bagiannya memperpanjang lockdownnya.

    West Bengal, New Delhi dan Uttar Pradesh, keras menerapkan lockdown atau juga jam malam. Namun

    West Bengal menerapkan lockdown penuh, semua kegiatan yang melibatkan masyarakat dilarang. Hanya UGD dan toko obat, toko bahan pokok serta toko manisan dan daging yang dibuka dalam waktu terbatas. Lockdown di West Bengal berakhir pada 30 Mei dan saat ini mulai melonggarkan aturannya.

    Langkah serupa juga diterapkan oleh New Delhi. Toko, mal dan pasar sudah dibuka dengan pengaturan waktu yang rumit. Metro Delhi yang dihentikan operasi sejak 10 Mei, beroperasi kembali dengan kapasitas 50 persen. Perkantoran juga dibuka dengan hanya 50 persen karyawan yang masuk.

    Di Maharashtra, juga dilakukan pelonggaran yang diatur berdasarkan angka infeksi dan ketersediaan tempat tidur rumah sakit. Sementara Mumbai juga melonggarkan lockdown, tetapi akan mal, bioskop akan tetap ditutup. Sedangkan kereta hanya mengutamakan pekerja garis depan melawan covid-19.

    Uttar Pradesh juga mengizinkan operasi toko dan pasar tradisional di luar zona infeksi di Varanasi, Muzaffarnagar, Gautam Buddh Nagar dan Ghaziabad, 5 hari seminggu. Tetapi jam malam tetap berlaku.

    Vaksinasi juga akan menjadi senjata India menghadapi varian Delta covid-19. Meskipun baru 5 persen dari sekitar 905 juta populasi India yang sudah divaksin, pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi bergerak cepat mengubah program vaksinasi.

    Pembalikan kebijakan, yang diumumkan oleh Perdana Menteri Narendra Modi pekan lalu, mengakhiri sistem rumit pembelian vaksin yang memperburuk ketidakadilan dalam pemberian suntikan.



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id