Jepang Berkoordinasi dengan RI untuk Pembukaan Lalu Lintas Bisnis

    Marcheilla Ariesta - 21 Oktober 2020 13:54 WIB
    Jepang Berkoordinasi dengan RI untuk Pembukaan Lalu Lintas Bisnis
    Presiden Joko Widodo (dua kanan) bersama PM Jepang Yoshihide Suga (dua kiri) di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa, 20 Oktober 2020. (BPMI Setpres/Laily Rachev/Muchlis Jr)
    Jakarta: Jepang sedang berkoordinasi dengan Indonesia untuk membuka lalu lintas bisnis bagi pelaku usaha di kedua negara. Isu ini merupakan satu dari sejumlah isu yang dibahas Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dalam pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor semalam.

    Dalam jumpa pers di Jakarta, PM Suga menuturkan bahwa mereka telah menyepakati pembukaan penerbangan sipil dengan Vietnam. Langkah ini diambil untuk meningkatkan perjalanan ekspatriat dengan urusan bisnisnya.

    "Dengan Indonesia pun kita sedang berkoordinasi supaya bisa membuka lalu lintas (bisnis), agar ekspatriat yang sudah sampai segera bisa beraktivitas lagi, bisa beraktivitas bisnis dengan mengikuti tes kesehatan," serunya, Rabu, 21 Oktober 2020.

    Sebelumnya, dalam pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Jokowi membahas komitmen Travel Corridor Arrangement. Perjanjian ini bertujuan untuk memudahkan perjalanan untuk kegiatan bisnis, ketenagakerjaan, ekonomi, serta diplomatik dan dinas.

    "Saya dan Perdana Menteri Jepang sepakat tentang pentingnya pembentukan Travel Corridor Arrangement bagi bisnis esensial," ujar Jokowi dalam sambutannya.

    "Kami juga sepakat untuk meminta Menlu Jepang dan Indonesia untuk menegosiasikan agar hal ini selesai dalam waktu satu bulan," tambah Jokowi.

    Perjanjian serupa telah disepakati Indonesia dan Singapura. Resmi diluncurkan pada pertengahan bulan ini, pembukaan koridor perjalanan ini baru berlaku pada 26 Oktober mendatang.

    TCA antara Indonesia dan Singapura ini hanya berlaku bagi perjalanan bisnis esensial, diplomatik, dan kedinasan yang mendesak.

    Baca: Travel Corridor Indonesia-Singapura Resmi Diluncurkan


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id