Kanada Sumbang Rp41,1 Miliar Dukung ASEAN Atasi Pandemi Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 06 Mei 2021 14:19 WIB
    Kanada Sumbang Rp41,1 Miliar Dukung ASEAN Atasi Pandemi Covid-19
    Kanada bantu ASEAN mengatasi pandemi covid-19. Foto: AFP



    Jakarta: Kanada terus memperlihatkan komitmen mereka dalam membangun hubungan dengan ASEAN, terutama di tengah pandemi virus korona (covid-19). Mereka menyumbangkan USD3,5 juta Kanada (setara Rp41,1 miliar) untuk mendukung ASEAN menanggulangi pandemi covid-19.

    Bantuan tersebut disumbangkan untuk Covid-19 ASEAN Response Fund, sebuah mekanisme regional  yang memastikan negara-negara ASEAN memiliki akses yang sama untuk pendanaan penting terkait covid-19, seperti vaksin, pasokan alat media, dan penelitian penanggulangan pandemi.

     



    "Kanada bangga untuk terus mendukung ASEAN, terutama dalam membantu mereka yang paling terdampak oleh covid-19 dan untuk berkontribusi terhadap pemulihan regional," ucap Duta Besar Kanada untuk ASEAN, Duta Besar Diedrah Kelly dalam pernyataan yang diterima Medcom.id, Kamis, 6 Mei 2021.

    "Tahun ini, Kanada dan ASEAN akan merayakan 44 tahun kemitraan. Dukungan ini menjadi salah satu dari banyak contoh komitmen Kanada untuk terus terlibat dalam usaha dan inisiatif ASEAN yang responsive dan mengedepankan masyarakatnya," imbuh dia.

    Menurut Kanada, ASEAN telah mengambil langkah signifikan dalam menanggulangi pandemi, salah satunya melalui pengembangan Covid-19 ASEAN Response Fund dan Pusat Virtual ASEAN BioDiaspora untuk Analisis dan Visualisasi Data Besar, serta pemulihan komunitas di bawah Kerangka Pemulihan Komprehensif ASEAN.

    "Upaya regional untuk menanggapi pandemi covid-19 telah dilakukan sejak awal Februari tahun lalu. Sebagai bagian dari upaya regional, ASEAN bekerja dengan mitra eksternal kami untuk mengatasi tantangan global ini," ucap Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi.

    "Kemitraan yang Ditingkatkan ASEAN-Kanada selalu teguh seperti yang dibuktikan terutama di masa-masa yang penuh tantangan ini," sambung dia.

    Kontribusi baru Kanada mencerminkan komitmen kemitraan ASEAN-Kanada untuk berinvestasi dalam pengembangan sumber daya manusia dan mempromosikan kemakmuran kawasan, stabilitas, serta keamanan kesehatan di seluruh pandemi covid-19.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id