comscore

Mantan Kepala Polisi Filipina Jadi yang Pertama Nyapres untuk 2022

Marcheilla Ariesta - 08 September 2021 16:09 WIB
Mantan Kepala Polisi Filipina Jadi yang Pertama <i>Nyapres</i> untuk 2022
Senator Panfilo Lacson saat berbicara di Manila, Filipina, 28 Maret 2011. (NOEL CELIS / AFP)
Manila: Senator Filipina Panfilo Lacson mengumumkan pencalonannya untuk pemilihan presiden tahun depan. Ia menjadi orang pertama yang mengonfirmasi pencalonan sebagai presiden untuk menggantikan Rodrigo Duterte.

Lacson, yang merupakan mantan kepala polisi, membuat pengumuman bersama ketua Senat, Vicente Sotto. Sotto yang merupakan mantan aktor, musisi dan anggota parlemen empat periode ini akan menjadi pasangan Lacson sebagai calon wakil presiden untuk pemilu Filipina 2022.
"Saya dan ketua Senat Sotto (jika digabung) memiliki lebih dari 80 tahun pelayanan publik yang jujur, berdedikasi, dan kompeten," seru Lacson, dilansir dari Malay Mail, Rabu, 8 September 2021.

Sementara itu, Duterte tidak bisa mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua karena konstitusi. Namun, ia menyatakan minatnya menjadi wakil presiden.

Baca:  Rodrigo Duterte Dikabarkan Setuju Jadi Calon Wapres Filipina

Kritikus menilai ini cara Duterte memperluas cengkramannya pada kekuasaan di belakang presiden.

Pria 76 tahun itu diperkirakan akan dicalonkan oleh partainya, PDP-Laban, pada hari ini juga. Batas pengajuan pencalonan dalam pemilihan Mei 2022 itu adalah bulan depan.

Gagal mencalonkan diri sebagai presiden pada 2004, Lacson dikenal karena sikapnya yang keras terhadap kejahatan. Ia membantu merancang undang-undang anti-teror yang kontroversial, yang dikecam oleh para aktivis dan dikhawatirkan dapat digunakan untuk menghancurkan perbedaan pendapat di salah satu negara demokrasi paling liberal di Asia.

Lacson dan Sotto berbicara tentang tantangan besar yang akan mereka hadapi jika terpilih untuk memimpin Filipina, yakni memerangi pandemi Covid-19.

"Negara ini terkubur dalam utang, banyak yang kehilangan pekerjaan, korupsi merajalela dan obat-obatan terlarang masih merajalela," kata Lacson.

Ia akan menjadi taruhan luar dan telah menempati peringkat rendah dalam jajak pendapat independen calon presiden pilihan untuk 2022, yang secara konsisten menunjukkan putri Duterte, Sara Duterte-Carpio, sebagai kandidat pemenang.

Sara sendiri telah menyatakan keterbukaan untuk mencalonkan diri sebagai presiden. Padahal, beberapa bulan lalu ia mengatakan tidak tertarik dengan pekerjaan tersebut.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id