Singapura Perketat Akses Masuk WNI di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19

    Willy Haryono - 10 Juli 2021 18:09 WIB
    Singapura Perketat Akses Masuk WNI di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19
    Aktivitas di Bandara Internasional Changi, Singapura, 15 Maret 2021. (Roslan RAHMAN / AFP)



    Singapura: Singapura memperketat akses masuk bagi warga negara Indonesia (WNI) di tengah lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air. Izin masuk bagi WNI yang bukan berstatus warga negara Singapura maupun permanent resident akan dikurangi sesegera mungkin, ucap Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) pada Sabtu, 10 Juli 2021.

    Ini merupakan bagian dari pengetatan kontrol perbatasan Singapura di tengah lonjakan infeksi harian Covid-19 di Indonesia.

     



    "Izin masuk (bagi WNI) akan dipertimbangkan saat adanya langkah-langkah manajemen keamanan tambahan," ucap MOH, dilansir dari laman The Straits Times.

    Mulai Senin mendatang, lanjut MOH, semua orang yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia dalam 21 hari terakhir tidak akan diizinkan transit melalui Singapura.

    WNI yang hendak masuk ke Singapura harus membawa hasil negatif tes Covid-19 tipe PCR yang dianggap valid. Tes harus dilakukan 48 jam sebelum keberangkatan ke Singapura.

    Mereka yang tiba di Singapura tanpa membawa hasil negatif tes PCE yang valid, "mungkin akan ditolak masuk."

    Orang dengan status permanent resident atau pemegang izin jangka panjang yang tidak mengikuti peraturan terbaru dapat berujung pada pencabutan status atau izin tinggal.

    Saat ini, semua orang yang masuk ke Singapura dengan riwayat perjalanan Indonesia dalam kurun waktu 21 hari sebelum keberangkatan perlu membawa hasil negatif tes PCR. Tes harus diambil 72 jam sebelum keberangkatan.

    MOH mengatakan bahwa semua orang yang masuk ke Singapura tetap harus melakukan isolasi selama 14 hari di beberapa fasilitas terdedikasi. Mereka juga harus menjalani tes PCR saat ketibaan dan di hari isolasi ke-14.

    Baca:  Menlu Vivian: Singapura Akan Terus Bantu Indonesia dalam Situasi Sulit

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id