Ratusan WNI di Malaysia Jalani Vaksinasi Covid-19 Hari Ini

    MetroTV - 23 September 2021 17:00 WIB
    Ratusan WNI di Malaysia Jalani Vaksinasi Covid-19 Hari Ini
    Momen saat WNI menerima vaksinasi covid-19 di Malaysia pada Kamis, 23 September 2021 (Foto: Metro TV)



    Kuala Lumpur: Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia menjalani program vaksinasi covid-19 yang digelar sejumlah lembaga. WNI tak berdokumen juga ikut menjadi target vaksinasi.

    "Sebanyak 300 orang WNI di Malaysia telah menerima suntikan vaksin melalui program ini," kata reporter Metro TV Nadia Mohsin dalam program Metro Siang, Kamis 23 September 2021.

     



    Vaksinasi untuk warga Indonesia dibagi menjadi tiga kelompok. Adapun jadwal vaksinasi ini digelar pada pukul 08.00 hingga 12.30 waktu setempat. 

    Program vaksinasi ini merupakan kerja sama antara Bulan Sabit Merah Malaysia dengan Migrant Care. Mereka menargetkan vaksinasi ini kepada 20.000 warga Indonesia yang berada di Malaysia. 

    Pihak penyelenggara vaksinasi juga meminta kepada para pemberi kerja untuk membantu mempercepat vaksinasi bagi para pekerja migran baik berdokumen maupun tidak.

    "Dianggap orang yang mengikuti vaksinasi ini rata-rata itu irregular. Jadi tujuan misi kita kali ini telah melengkapi segala kekurangannya yang tidak bisa dimajukan oleh Pemerintah Malaysia dan KDRI," kata ketua Migrant Care Malaysia, Alex Ong.

    Migrant Care juga berharap program vaksinasi ini dapat terus menyebar dan didukung oleh agen penyalur TKI di Malaysia, sehingga dapat mempercepat target vaksinasi nasional.

    Saat ini terdaftar sebanyak 110 ribu WNI yang bekerja menjadi asisten rumah tangga di Malaysia. Salah satunya adalah Reni Anakapu. Wanita asal Nusa Tenggara Timur tersebut mengaku bersyukur bisa mendapat vaksinasi.

    "Teman-teman yang lain mereka masih takut ikut vaksin, kalau dilihat dari luar sana banyak yang belum vaksin karena takut gejala selepas vaksin dan tidak ada dokumen," ujar Reni.

    Saat ini, terdapat 1,7 juta migran asing di Malaysia, termasuk Warga Negara Indonesia. Jumlah tersebut tidak termasuk ke dalam jumlah imigran yang tidak berizin dan diprediksi jumlahnya mencapai 2-4 juta. (Taris Dwi Aryani)

    (PAT)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id