Persidangan Aung San Suu Kyi Dimulai Senin Depan

    Marcheilla Ariesta - 07 Juni 2021 16:03 WIB
    Persidangan Aung San Suu Kyi Dimulai Senin Depan
    Pengacara Aung San Suu Kyi, Min Min Soe, berbicara kepada awak media pada 12 April 2021. (AFPTV)



    Naypyidaw: Persidangan pemimpin de facto Myanmar yang telah digulingkan militer, Aung San Suu Kyi, dimulai Senin pekan mendatang. Kabar disampaikan pengacara Suu Kyi kepada AFP pada Senin, 7 Juni 2021.

    Myanmar dilanda gelombang aksi protes yang terjadi hampir setiap hari sejak militer melakukan kudeta pada 1 Februari lalu. Bentrokan di tengah demonstrasi ini telah menewaskan hampir 850 orang, menurut keterangan grup Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP).

     



    Usai kudeta, junta Myanmar menjerat Suu Kyi dengan serangkaian dakwaan kriminal, termasuk pelanggaran aturan Covid-19 selama kampanye 2020 dan kepemilikan walkie-talkie tak berlisensi.

    "Nanti kita akan mendengar testimoni penggugat dan saksi mata dalam sidang berikutnya, dijadwalkan berlangsung pada Senin, 14 Juni," ucap pengacara Suu Kyi, Min Min Soe, usai bertemu kliennya di Naypyidaw.

    "Beliau (Suu Kyi) meminta semua orang agar tetap sehat," sambungnya.

    Tim pengacara baru dua kali bertemu Suu Kyi sejak kudeta militer. Min Min Soe dan rekannya mengaku kesulitan mengenai sang klien karena semua akses dikendalikan penuh junta militer.

    Selain melayangkan dakwaan kriminal kepada Suu Kyi, junta Myanmar juga mengancam membubarkan partai Liga Nasional untuk Demokrasi atas tuduhan kecurangan pemilu 2020. Tudingan tersebut merupakan alasan utama militer di balik kudeta Februari lalu.

    Seorang reporter AFP mengaku melihat adanya polisi dalam jumlah besar di sekitar kompleks dewan Naypyidaw yang berada dekat gedung pengadilan. Berbagai ruas jalan menuju area tersebut telah ditutup.

    Baca:  ASEAN Serahkan Daftar Nama Kandidat Utusan Khusus ke Junta Myanmar

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id