Isi Lengkap Pidato Jokowi dalam Sidang Majelis Umum PBB

    Theofilus Ifan Sucipto - 23 September 2020 08:22 WIB
    Isi Lengkap Pidato Jokowi dalam Sidang Majelis Umum PBB
    Presiden Joko Widodo berpidato pertama kali di Sidang Majelis Umum PBB. Foto: BPMI/UNTV
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menyampaikan pidatonya dalam Sidang Majelis Umum (SMU) ke-75 PBB pada Rabu 23 September 2020 waktu Indonesia. Pidato tersebut disampaikan dalam sesi debat umum SMU PBB yang digelar secara virtual.

    Berikut isi pidato lengkap Jokowi:

    Yang Mulia Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Yang Mulia Sekretaris Jenderal PBB, Yang Mulia pemimpin NEBA

    Tahun ini genap 75 tahun usia PBB, 75 tahun yang lalu PBB dibentuk agar perang besar, Perang Dunia (PD) II tidak terulang kembali. Pada 75 tahun lalu PBB dibentuk agar dunia bisa lebih damai, stabil, dan sejahtera. Karena perang tidak akan menguntungkan siapa pun. Tidak ada artinya sebuah kemenangan dirayakan di tengah kehancuran, tidak ada artinya menjadi kekuatan ekonomi terbesar di tengah dunia yang tenggelam.

    Pimpinan sidang yang terhormat, di usia PBB yang ke-75 ini kita patut bertanya, apakah dunia yang kita impikan tersebut sudah tercapai? Saya kira jawaban kita sama. Belum.

    Konflik masih terjadi di berbagai belahan dunia. Kemiskinan, dan bahkan kelaparan masih terus dirasakan. Prinsip-prinsip piagam PBB dan hukum internasional kerap tidak diindahkan, termasuk penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.
     

    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id