comscore

Ferdinand Marcos Jr Dilantik sebagai Presiden Filipina Gantikan Duterte

Marcheilla Ariesta - 30 Juni 2022 11:35 WIB
Ferdinand Marcos Jr Dilantik sebagai Presiden Filipina Gantikan Duterte
Ferdinand Marcos Jr dilantik menjadi Presiden Filipina menggantikan Rodrigo Duterte. Foto: AFP
Manila: Putra mendiang diktator Filipina, Ferdinand Marcos Jr dilantik sebagai presiden baru negara itu pada hari ini, Kamis, 30 Juni 2022. Kemenangannya dalam pemilu Filipina mengembalikan klan Marcos ke kantor tertinggi negara itu.

Ferdinand 'Bongbong' Marcos Jr. memenangkan pemilihan bulan lalu. Ia mengamankan kemenangan terbesar sejak ayahnya digulingkan oleh pemberontakan rakyat pada 1986.
Dia akan menggantikan Rodrigo Duterte. Di era pemerintahannya, Duterte mendapat kecaman internasional karena perang narkoba yang mematikan dan telah mengancam akan membunuh tersangka pengedar setelah dia meninggalkan kantor.

Marcos Jr mengambil sumpah pada Kamis siang waktu setempat, dalam upacara publik di Museum Nasional di Manila. Pelantikannya akan dilakukan di depan ratusan pejabat dan jurnalis lokal dan asing.

Lebih dari 15.000 polisi, tentara, dan personel penjaga pantai telah dikerahkan di seluruh ibu kota untuk peresmian.

Penjagaan sudah terjadi beberapa hari, setelah Mahkamah Agung menolak upaya terakhir untuk mendiskualifikasi Marcos Jr. dari pemilihan dan mencegahnya menjabat.

Ketika kenaikan harga menekan ekonomi yang sudah dirusak oleh covid-19, Marcos Jr telah menjadikan penanganan inflasi, mendorong pertumbuhan, dan meningkatkan produksi pangan sebagai prioritasnya.

"Dia telah mengambil langkah langka dengan menunjuk dirinya sendiri sebagai menteri pertanian untuk memimpin perbaikan sektor yang bermasalah," demikian dikutip dari laporan Channel News Asia.

Marcos Jr juga berjanji untuk membela hak Filipina atas Laut China Selatan yang disengketakan, yang diklaim hampir seluruhnya oleh Beijing. Tetapi dia menawarkan sedikit detail tentang bagaimana dia akan mencapai tujuannya, atau beberapa petunjuk mengenai gaya kepemimpinannya.

Komentator pro-Duterte Rigoberto Tiglao baru-baru ini menulis bahwa dia optimis untuk 'ledakan ekonomi' di bawah kepemimpinan Marcos Jr.

Tiglao menunjuk para akademisi berprestasi di tim ekonomi Marcos Jr yang mendapat dukungan dari para tokoh terkemuka. Tim ekonomi ini yang akan memberinya nasihat dan dukungan keuangan.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id