Muncul di Persidangan Tertutup, Suu Kyi Hadapi Dakwaan Korupsi

    Willy Haryono - 02 Oktober 2021 18:43 WIB
    Muncul di Persidangan Tertutup, Suu Kyi Hadapi Dakwaan Korupsi
    Pemimpin de facto Myanmar yang digulingkan militer, Aung San Suu Kyi. (AFP)



    Naypyidaw: Aung San Suu Kyi, pemimpin de facto Myanmar yang digulingkan militer pada 1 Februari lalu, muncul dalam sebuah persidangan tertutup di Naypyidaw. Ia hadir dalam menghadapi tuduhan korupsi, salah satu dakwaan paling serius dalam serentetan tuntutan yang dilayangkan junta militer Myanmar.

    Dalam persidangan di kompleks Dewan Naypyidaw, seperti dikutip dari laman Fars pada Sabtu, 2 Oktober 2021, Suu Kyi dituduh melanggar hukum anti-korupsi dalam empat kasus.

     



    Empat kasus tersebut meliputi penerimaan uang dolar dan emas batangan dari mantan kepala menteri Yangon, Phyo Min Thein; menyewakan lahan pemerintah Myanmar; dan menggunakan dana Yayasan Daw Khin Kyi.

    Hukum anti-korupsi dapat berujung pada hukuman 15 tahun penjara, jauh lebih berat dari beberapa dakwaan yang menimpa Suu Kyi sejauh ini. Selain soal korupsi, Suu Kyi juga dituduh melanggar undang-undang rahasia negara, yang diyakini dapat berujung pada hukuman 14 tahun penjara.

    Sejumlah analis dan grup hak asasi manusia telah mengecam rangkaian dakwaan tersebut sebagai serangan politik yang bertujuan mendiskreditkan Suu Kyi. Sejauh ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terus menyerukan pembebasan Suu Kyi.

    Muncul di pengadilan pada Jumat kemarin, Phyo Min Thein, mengklaim telah beberapa kali memberikan uang suap kepada Suu Kyi. Ia hadir di persidangan sebagai saksi.

    "Ia terlihat depresi dan sama sekali tidak melihat ke arah Daw Aung San Suu Kyi, bahkan saat ia berjalan di depannya," tutur pengacaranya, Khin Mayng Zaw.

    Nilai pasti dugaan suap yang dituduhkan telah diterima Suu Kyi belum diketahui. Namun, media nasional Myanmar sebelumnya menuduh Suu Kyi telah menerima USD600 ribu dalam bentuk uang tunai dan 11,4 kilogram emas.

    Baca:  Aung San Suu Kyi Hadir di Pengadilan Walau Masih Sakit

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id