Tunawisma di Malaysia Ditawari Tes Covid-19 Gratis

    Fajar Nugraha - 12 Mei 2020 19:06 WIB
    Tunawisma di Malaysia Ditawari Tes Covid-19 Gratis
    Tunawisma di Malaysia ditawari tes covid-19 gratis. Foto: The Star
    Kuala Lumpur: Kalangan tuna wisma di Klang, Malaysia ditawarkan untuk tes covid-19 gratis. Selain itu mereka juga diberikan tempat tinggal sementara di salah satu gedung milik Dewan Pelabuhan Klang.

    Cara untuk memutus penyebaran virus korona covid-19 di kalangan miskin ini dilakukan oleh Komite Manajemen Bencana Daerah (KDDMC) Klang.

    KDDMC mengoordinasikan operasi dengan Dewan Kota Klang (MPK), Klinik Pemerintah Port Klang, markas polisi Klang Selatan, Departemen Kesejahteraan Klang dan Masyarakat Bulan Sabit Merah Malaysia (MRCS) Distrik Klang.

    Komite di bawah Distrik Klang dan Kantor Pertanahan diaktifkan selama krisis. Sebelas orang tunawisma telah menerima tawaran untuk menjalani tes Covid-19.

    Presiden MPK Dr Ahmad Fadzli Ahmad Tajuddin mengatakan, KDDMC memimpin operasi sementara lembaga pemerintah lainnya termasuk MRCS Kabupaten Klang membantu dengan skrining Covid-19 untuk para tunawisma.

    “Merupakan tantangan untuk meyakinkan para tunawisma untuk melakukan tes covid-19. Dibutuhkan waktu untuk menjelajahi kota terutama di bawah jembatan, di jalur belakang dan bangunan yang ditinggalkan untuk menemukan para tunawisma, ”kata Dr Ahmad Fadzli Ahmad Tajuddin, seperti dikutip The Star, Selasa, 12 Mei 2020.

    Dr Ahmad menekankan bahwa individu didorong dan tidak dipaksa untuk melakukan tes covid-19. “Pendekatan kami adalah menjelaskan kepada mereka perlunya tes. Jika mereka setuju, mereka akan dibawa ke Dewan Pelabuhan Klang di Jalan Pekeliling di mana tenaga medis akan melakukan skrining Covid-19 sebelum tes dilakukan,” imbuhnya.

    Dia menambahkan bahwa itu juga menjadi tanggung jawab para tunawisma untuk menerima atau menolak tawaran perlindungan sementara dari pemerintah selama perintah kontrol gerakan (MCO), di mana makanan disajikan. "Jika para tunawisma memilih untuk menerima tempat penampungan sementara, MPK akan menyediakan kantong tidur untuk setiap orang dan memastikan makanan diberikan," kata Dr Ahmad.

    Petugas medis Klinik Kesehatan Port Klang Dr Vignavinashini Mahaeswarren dibantu oleh dua staf klinis lainnya melakukan skrining covid-19 dan tes Covid-19.

    Diketahui bahwa selama skrining, dua laki-laki tunawisma ditemukan memiliki detak jantung tidak teratur sementara yang lain menderita TBC. Para lelaki itu langsung dirawat di Rumah Sakit Umum Tengku Ampuan Rahimah.

    Direktur Komunikasi Korporat MPK Norfiza Mahfiz, yang bertugas mengumpulkan para tunawisma di sekitar Klang, mengatakan beberapa orang tunawisma datang dengan sukarela ke aula multiguna tetapi beberapa lari ke semak-semak. Diyakini bahwa mereka yang melarikan diri mungkin adalah pecandu narkoba yang khawatir akan ditangkap.

    Norfiza dan lima petugas penegak dewan telah berkeliling Klang dan Port Klang untuk meyakinkan para tunawisma untuk menjalani tes Covid-19 dan tinggal di tempat penampungan sementara.

    "Operasi kami untuk membantu para tunawisma akan dilakukan di seluruh MCO," tambahnya.

    Penasihat detasemen sukarelawan MRCS District Klang R. Rajoo mengatakan operasi ini merupakan upaya yang baik untuk mengurangi risiko di antara para tunawisma.

    “Upaya terpadu yang dikoordinir oleh KDDMC akan membantu mendukung para tuna wisma yang khususnya berisiko tinggi tertular penyakit menular. Bagus bahwa tempat penampungan sementara disediakan untuk mereka,” pungkas Rajoo.




    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id