comscore

Malaysia akan Panggil Dubes Tiongkok atas 'Intrusi' Pesawat Militer

Willy Haryono - 02 Juni 2021 08:04 WIB
Malaysia akan Panggil Dubes Tiongkok atas Intrusi Pesawat Militer
Pesawat jenis J-10 milik Angkatan Udara Tiongkok. (AFP)
Kuala Lumpur: Kementerian Luar Negeri Malaysia berencana memanggil duta besar Tiongkok untuk menjelaskan "intrusi" 16 pesawat angkatan udara ke ruang udara Negeri Jiran. Angkatan Udara Malaysia mengaku mendeteksi aktivitas "mencurigakan" tersebut di sekitar Laut China Selatan pada Senin kemarin.

Malaysia telah mengerahkan sejumlah jet tempur untuk melakukan konfirmasi visual, setelah 16 pesawat Tiongkok terbang sekitar 60 mil laut dari lepas pantai Sarawak.
"Insiden tersebut adalah ancaman serius bagi kedaulatan nasional dan keselamatan penerbangan," ucap Kemenlu Malaysia.

AU Malaysia mengatakan bahwa 16 pesawat Tiongkok itu tidak menghubungi menara lalu lintas udara meski sudah diinstruksikan beberapa kali.

Menlu Hishammuddin Hussein menegaskan bahwa pihaknya akan melayangkan nota protes diplomatik, dan juga meminta Dubes Tiongkok menjelaskan "penerobosan ruang udara dan kedaulatan Malaysia."

"Sikap Malaysia jelas -- Menjalin hubungan diplomatik bersahabat dengan negara manapun bukan berarti kami akan berkompromi terhadap keamanan nasional," tegas Hishammuddin, dilansir dari laman WA Today pada Raby, 2 Juni 2021.

Sebelumnya, Kedubes Tiongkok di Malaysia mengatakan bahwa sejumlah pesawat hanya melakukan misi pelatihan rutin dan tetap patuh terhadap aturan internasional tanpa melanggar ruang udara negara lain.

"Tiongkok dan Malaysia adalah negara tetangga yang bersahabat. Tiongkok siap melanjutkan konsultasi bilateral bersahabat dengan Malaysia untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan," ucap juru bicara kedutaan besar.

Selama ini Tiongkok secara sepihak mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan. Hal tersebut membuat sejumlah negara di sekitar Laut China Selatan geram, terlebih setelah Tiongkok mulai mendirikan sejumlah instalasi militer untuk menegaskan klaim mereka.

Baca:  Gunakan Kata-Kata Kasar, Filipina Usir Tiongkok dari Laut China Selatan

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id