comscore

Wali Kota Manila Turut Ramaikan Bursa Calon Presiden Filipina

Marcheilla Ariesta - 04 Oktober 2021 17:46 WIB
Wali Kota Manila Turut Ramaikan Bursa Calon Presiden Filipina
Francisco Domagoso atau dikenal sebagai Isko Moreno Domagoso resmi mendaftar sebagai calon presiden Filipina di Manila, 4 Oktober 2021. (Ezra Acayan / POOL / AFP)
Manila: Wali Kota Manila City, Francisco Domagoso, resmi mendaftarkan diri sebagai calon presiden Filipina pada hari ini, Senin, 4 Oktober 2021. Pria yang juga dikenal sebagai Isko Moreno Domagoso itu mengklaim dirinya sebagai kandidat pemersatu yang sederhana dan dapat menyembuhkan ekonomi terdampak pandemi Covid-19.

"Kita terlalu terpecah dan bimbang, sehingga berdampak pada terhambatnya perekonomian di tengah pandei," kata Domagoso yang merupakan mantan aktor itu, dilansir dari Malay Mail, Senin, 4 Oktober 2021.
"Mari kita sembuhkan negara ini bersama-sama dan songsong masa depan yang lebih baik ke depan," imbuhnya.

Karisma dan kerendahan hatinya membuat Domagoso terkenal di Manila. Namun sejumlah pengamat menilai, pria yang pernah menjadi tukang sampah itu tetap perlu berjuang untuk memenangkan hati publik, terutama di kalangan pemilih di provinsi-provinsi selatan Filipina.

Domagoso terpilih menjadi Wali Kota Manila pada 2019. Pasangannya untuk menjadi calon wakil presiden adalah Willie Ong, seorang dokter yang memiliki 16 juta pengikut di Facebook.

Baca:  Pernah Jadi Tukang Sampah, Wali Kota Manila Nyapres di Pemilu Filipina

Tokoh terkenal lainnya yang mencalonkan diri sebagai presiden Filipina adalah Manny Pacquiao. Mantan petinju dunia itu memang dikenal sudah lama berkecimpung di dunia politik.

Sementara Presiden Rodrigo Duterte pada akhir pekan kemarin mengumumkan pensiun dari dunia politik. Dengan demikian, ia tidak akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden seperti yang sebelumnya telah disepakati.

Namun, putrinya, Sara Duterte, dikabarkan hendak maju sebagai calon presiden Filipina.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id