RI-ASEAN Siap Perkuat Kemitraan dengan Pemerintahan Baru AS

    Marcheilla Ariesta - 10 November 2020 14:18 WIB
    RI-ASEAN Siap Perkuat Kemitraan dengan Pemerintahan Baru AS
    Joe Biden yang didampingi Kamala Harris berbicara kepada awak media di Wilmington, Delaware pada Senin, 9 November 2020. (JOE RAEDLE//Getty/AFP)
    Jakarta: Joe Biden dan Kamala Harris telah terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih Amerika Serikat. Dalam pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM), Menlu Retno Marsudi menegaskan Indonesia dan ASEAN siap memperkuat kemitraan dengan pemerintahan baru AS, setelah keduanya dilantik pada Januari 2021.

    "Kemitraan yang didasari oleh prinsip kesetaraan, saling menghargai, dan saling menguntungkan," kata Retno dalam jumpa pers virtual, Selasa, 10 November 2020.

    Ia menegaskan kemitraan tersebut akan menjunjung tinggi prinsip dan nilai multilateralisme. "Penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah dan hukum internasional," imbuh Retno.

    Indonesia, kata dia, berharap AS dapat menjadi kekuatan positif untuk perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan di kawasan. Indonesia juga berharap AS menjadi mitra ASEAN dalam mengimplementasikan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

    Pada Sabtu, 7 November 2020 waktu AS, Biden dan Harris memenangkan pemilihan presiden melalui suara elektoral dan popular. Mereka mengalahkan Donald Trump, petahana dari Partai Republik.

    Biden mendapat 279 dari 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk menang. Ia dan Harris akan dilantik pada 20 Januari 2021.

    Banyak pengamat internasional yakin Biden dan Harris akan menggunakna pendekatan multilateral dalam kebijakan luar negeri mereka. Hal ini juga dilakukan Barack Obama kala ia menjabat sebagai presiden ke-44 AS.

    Baca:  Jokowi Ucapkan Selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id