25 Orang Tewas saat Topan Molave Menghantam Vietnam

    Fajar Nugraha - 29 Oktober 2020 15:10 WIB
    25 Orang Tewas saat Topan Molave Menghantam Vietnam
    Warga Vietnam di tengah hantaman Topan Molave yang melanda. Foto: AFP
    Hanoi: Vietnam mengerahkan ratusan tentara dan alat berat pada Kamis 29 Oktober untuk mencari korban setelah tanah longsor yang dipicu oleh hujan lebat dari Topan Molave. Ini adalah salah satu topan terkuat di wilayah itu dalam beberapa dekade.

    Tanah longsor, yang melanda daerah terpencil di provinsi tengah Quang Nam pada Rabu malam. Insiden ini menewaskan 13 orang dengan 40 orang hilang karena upaya penyelamatan terhambat oleh cuaca buruk di ujung badai. Media pemerintah mengatakan 12 nelayan tewas di laut.

    "Kami dapat memperkirakan jalur badai atau jumlah hujan, tetapi tidak dapat memprediksi kapan tanah longsor terjadi," kata Wakil Perdana Menteri Trinh Dinh Dung dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Channel News Asia, Kamis 29 Oktober 2020.

    "Jalan tertutup lumpur dalam dan hujan deras masih melanda daerah itu, tetapi pekerjaan penyelamatan harus dilakukan dengan cepat," imbuh Dung.

    Televisi pemerintah mengatakan, mayat dari 12 nelayan ditemukan pada Kamis setelah perahu mereka tenggelam ketika mencoba kembali ke pantai dua hari sebelumnya. Dua kapal angkatan laut telah dikerahkan untuk menemukannya dan 14 masih hilang.

    Sejak awal Oktober, Vietnam dilanda badai, hujan lebat, dan banjir yang mempengaruhi lebih dari satu juta orang.

    Pemerintah mengatakan Topan Molave ??telah menyebabkan jutaan orang tanpa listrik dan merusak 56.000 rumah. Ini melemah menjadi depresi tropis setelah mendarat pada Rabu dan diperkirakan akan mencapai Laos pada Kamis malam.

    Gambar di media sosial menunjukkan desa-desa dilanda banjir, dan jalan-jalan dipenuhi puing-puing, pohon tumbang atau terhalang oleh tanah longsor.

    Sebelum badai, orang-orang di daerah yang terkena bencana berbagai foto kehancuran rumah mereka dan disertai nama serta alamat untuk membantu memfasilitasi upaya pembangunan kembali.

    Hujan deras hingga 700ml akan berlanjut di beberapa bagian Vietnam tengah hingga Sabtu, kata badan cuaca Vietnam.

    Sebelum melanda Vietnam, Topan Molave ??melewati Filipina, di mana ia menyebabkan banjir dan tanah longsor yang menurut otoritas bencana pada Kamis telah menewaskan sedikitnya 16 orang.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id