comscore

Bersitegang dengan AS, Dubes Rusia: Sanksi Bukan Gaya Kami

Marcheilla Ariesta - 20 Desember 2021 14:20 WIB
Bersitegang dengan AS, Dubes Rusia: Sanksi Bukan Gaya Kami
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva dalam keterangan kepada awak media di Jakarta, 20 Desember 2021. (Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
Jakarta: Hubungan Rusia dan Amerika Serikat (AS) memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Penyebabnya beragam, termasuk seputar isu Ukraina yang melibatkan ancaman penjatuhan sanksi oleh Washington kepada Moskow.

Bagi Rusia, ancaman sanksi bukan solusi yang tepat dalam menurunkan ketegangan.

 



"Kami mencoba mengatasi masalah saat ini dengan berdialog, bukan dengan pasukan atau sanksi," kata Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva di Jakarta, Senin, 20 Desember 2021.

"Sanksi bukan gaya Rusia (dalam mengatasi masalah)," tegasnya.

Vorobieva menuturkan, pertemuan secara virtual antara Presiden Vladimir Putin dan Presiden AS Joe Biden sudah dilakukan untuk membahas masalah terkini kedua negara. Ia menambahkan, saat ini Moskow telah menyerahkan draf perjanjian keamanan kepada Washington.

Perjanjian ini, kata Vorobieva, dapat menjamin keamanan antara Rusia dengan AS. Dokumen tersebut, lanjutnya, telah dipublikasikan Jumat lalu.

"Kami lebih memiliki duduk di satu meja dan berdiskusi untuk mencari penyelesaian masalah ini. Namun sayangnya, AS lebih memilih menggunakan ancaman, pasukan, dan blackmail. Jadi saya bisa mengatakan, sanksi menjadi penjara hubungan bilateral kami," lanjutnya.

Jumat lalu, Deputi Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov mengatakan Rusia menginginkan jaminan hukum bahwa Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) tidak akan melakukan aktivitas militer di Eropa Timur dan Ukraina.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id