PM Malaysia Dipastikan Menghadiri KTT ASEAN di Jakarta

    Marcheilla Ariesta - 21 April 2021 00:27 WIB
    PM Malaysia Dipastikan Menghadiri KTT ASEAN di Jakarta
    Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin. Foto: AFP



    Putra Jaya: Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin, akan menghadiri pertemuan tingkat tinggi ASEAN (KTT ASEAN) yang digelar di Jakarta. Kehadirannya dikonfirmasi Menteri Luar Negeri Malaysia, Hisammuddin Hussein.

    "Sultan Brunei sebagai Ketua ASEAN mengundang PM Muhyiddin Yassin untuk menghadiri KTT ASEAN di Sekretariat ASEAN, Jakarta Sabtu ini," kata Hishammuddin dalam akun Twitter-nya, Selasa, 20 April 2021.






    Ia mengatakan pertemuan akan fokus membahas situasi di Myanmar. "PM Muhyiddin menerima undangan tersebut dan akan menghadirinya, saya akan menemaninya mewakili Malaysia," ujar dia.

    Sementara itu, sumber di pemerintahan Thailand mengatakan Perdana Menteri Prayuth Chan-o-cha tidak akan hadir dalam KTT ASEAN di Jakarta. Laman Bangkok Post melaporkan Prayuth mengirim Menlu Thailand, Don Pramudwinai, yang merupakan wakil perdana menteri untuk hadir dalam pertemuan tersebut.

    Baca: Mengenai Undang Oposisi Myanmar ke KTT ASEAN, Kemenlu Tunggu Brunei

    Pertemuan itu diharapkan dapat mencari solusi atas krisis yang memburuk di Myanmar. Pemimpin militer Myanmar, Min Aung Hlaing, dikabarkan akan hadir dalam KTT ASEAN. Namun, terdapat kabar ia membatalkan rencana kehadiran secara fisik dan meminta ikut via konferensi video.

    Situasi di Myanmar makin tak menentu. Lebih dari 700 orang tewas akibat kekerasan junta militer kepada para pedemo pro-demokrasi. Para pedemo menuntut agar negara mereka kembali pada demokrasi. Mereka juga meminta pemimpin sipil Aung San Suu Kyi dibebaskan.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id