Singapura Siapkan Kartu Vaksinasi Covid-19

    Willy Haryono - 04 Januari 2021 17:05 WIB
    Singapura Siapkan Kartu Vaksinasi Covid-19
    Warga memakai masker saat beraktivitas di Singapura. (AFP)
    Singapura: Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong mengatakan bahwa hampir 60 persen dari total populasi yang disurvei mengaku siap menerima suntikan vaksin virus korona (covid-19). Sementara sekitar sepertiga dari total masyarakat Singapura mengaku ingin menunggu data-data lebih lanjut sebelum memutuskan.

    Gan mengatakan, nantinya orang yang disuntik vaksin covid-19 di Singapura akan menerima kartu vaksinasi. Seseorang yang sudah memiliki kartu tersebut dapat mmeriksa catatan vaksinasinya secara daring.

    Dikutip dari laman The Straits Times pada Senin, 4 Januari 2020, Gan mengatakan kartu vaksinasi akan berisi data mengenai jenis vaksin yang diterima, serta tanggal untuk penyuntikan dosis kedua.

    Untuk saat ini, lanjut Gan, warga Singapura tidak dapat memilih jenis vaksin covid-19.

    "Saat ini, baru vaksin Pfizer-BioNTech yang disetujui penggunaannya, jadi memang tidak ada pilihan lain," kata Gan kepada parlemen Singapura.

    Vaksin Pfizer-BioNTech membutuhkan dua dosis yang diberikan dengan jeda waktu 21 hari. Gan mengatakan, nantinya data-data mengenai vaksinasi covid-19 di Singapura akan diperbarui di National Immunisation Registry.

    Louis Chua, salah satu anggota parlemen Singapura, sempat bertanya kepada Gan apakah nantinya warga dapat memilih jika jenis vaksin yang tersedia sudah lebih dari satu.

    Meski tidak menutup kemungkinan tersebut, Gan menyarankan untuk menghindari hal tersebut.

    "Memberikan opsi untuk memilih akan mempersulit program vaksinasi yang prosesnya sendiri sudah cukup kompleks," ungkap Gan.

    Singapura telah memulai vaksinasi covid-19 pada 30 Desember, dengan perawat senior bernama Sarah Lim sebagai penerima pertamanya. Lim merupakan salah satu tenaga medis Singapura yang masuk dalam kelompok prioritas penerima vaksin covid-19.

    Baca:  Singapura Memulai Vaksinasi Covid-19

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id