Rusia Siap Membantu Jika Indonesia Ingin Gunakan Vaksin Sputnik V

    Marcheilla Ariesta - 10 Februari 2021 13:53 WIB
    Rusia Siap Membantu Jika Indonesia Ingin Gunakan Vaksin Sputnik V
    Seorang petugas kesehatan di Iran memperlihatkan vaksin Sputnik V. (ATTA KENARE/AFP)



    Jakarta: Setidaknya 23 negara sudah mengeluarkan izin penggunaan darurat Sputnik V, vaksin Covid-19 yang dikembangkan Gamaleya Institute di Moskow, Rusia. Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, menuturkan bahwa negaranya akan membantu siap RI ingin menggunakan Sputnik V dalam program vaksinasi.

    "Kami siap membantu saat Pemerintah Indonesia ingin menggunakan vaksin Sputnik V," kata Lyudmila dalam jumpa pers virtual, Rabu, 10 Februari 2021.

     



    Menurutnya, Rusia telah menyampaikan pengajuan penggunaan Sputnik V kepada pemerintah Indonesia. "Tinggal kita tunggu saja hasilnya," imbuh dia.

    Dalam kesempatan tersebut, Lyudmila membenarkan jika Kamar Dagang Indonesia (KADIN) telah mengontak Russia Development Fund (RDF) mengenai ketertarikan penggunaan Sputnik V untuk perusahaan swasta dan karyawan perusahaan tersebut.

    "Benar, mereka (KADIN) telah melakukan kontak dengan RDF. Jika pemerintah menyetujui menggunakan vaksin Sputnik V untuk perusahaan swasta, untuk karyawan dan keluarga mereka, kami siap untuk memasoknya," tutur dia.

    Meski belum mendapat pesanan dari Indonesia, Lyudmila mengaku tidak kecewa. Pasalnya, kata dia, adalah hak setiap negara untuk mendatangkan vaksin yang dianggap layak untuk warganya.

    Lyudmila mengklaim Sputnik V merupakan vaksin Covid-19 dengan harga yang paling terjangkau di dunia. Harga satu dosis Sputnik V berkisar USD10 atau setara Rp140 ribu.

    Baca:  Tes Terakhir, Vaksin Covid-19 Rusia Efektif 91,6 Persen


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id